Jenis Pisang Yang Cocok Untuk Kolak
Sumber gambar : freepik/tyasindayanti

Kolak yang lezat ditentukan dari jenis pisang yang digunakan. Nah, supaya lezat harus perhatikan jenis pisang yang cocok untuk kolak.


Kolak jadi salah satu makanan lezat yang biasa dihidangkan saat buka puasa. Kolak biasanya terdiri dari berbagai potongan pisang dengan kuah yang manis. Rasanya yang manis memang pas untuk menghilangkan dahaga setelah seharian puasa.

Jenis Pisang Yang Cocok Untuk Kolak
Sumber gambar : freepik/8photo

Namun, tahukah Sobat ternyata tidak semua jenis pisang bisa digunakan untuk membuat kolak. Jenis pisang yang digunakan juga bisa mempengaruhi rasa dari kolak loh. Jadi jangan sampai salah pilih pisang untuk membuat kolak.

Lantas jenis pisang apa saja yang cocok untuk dibuat kolak? Baca informasi selengkapnya berikut ini.

1. Pisang Kepok

Pisang jenis ini bisa dibilang pisang yang paling cocok untuk dibuat kolak pisang. Pisang kepok memiliki dua jenis yaitu pisang kepok putih dan kuning. Dibandingkan pisang kepok putih, pisang kepok kuning lebih cocok dibuat kolak karena teksturnya yang padat dan ukurannya yang lebih besar.

Namun, pilih pisang kepok kuning yang warna kulitnya belum kuning merata dalam satu sisir. Hindari memilih pisang kepok yang sudah matang berwarna kuning seluruhnya (satu sisir). Hal ini untuk menghindari pisang yang terlalu matang dan lembek saat diolah.

Baca Juga : Resep Wall’s Kolak Viennetta Geprek Sajian Manis Menyambut Puasa

2. Pisang Nangka

Pisang nangka juga jadi salah satu pilihan untuk bahan kolak. Pisang ini memiliki rasa yang manis asam jadi cocok untuk dicampur dengan kuah santan. Selain itu pisang ini juga memiliki tekstur yang keras sehingga tidak hancur saat diolah.

Jenis Pisang Yang Cocok Untuk Kolak
Sumber gambar : freepik/pvproductions

Jangan bingung ketika menemui pisang nangka yang sudah matang tetapi masih berwarna hijau. Namun, yang perlu diperhatikan yaitu warna tandan pisang. Jangan pilih tandan pisang yang sudah berwarna cokelat atau kering karena pisang tersebut sudah tidak segar lagi. Pilihlah tandan pisang yang masih berwarna hijau segar.

Buat Sobat yang tidak tahu tandan pisang yaitu bagian batang yang berisi beberapa sisir pisang.

3. Pisang Tanduk

Kemudian ada pisang tanduk, pisang jenis ini memiliki ukuran yang paling besar dibandingkan pisang lainnya. Pisang ini sering dijadikan bahan utama untuk olahan makanan seperti kue hingga kolak pisang. Rasanya yang manis dan legit cocok untuk disandingkan dengan kuah kolak yang gurih.

Pisang tanduk juga memiliki tekstur yang tidak mudah hancur meskipun sudah matang jadi cocok untuk kolak. Untuk menentukan pisang tanduk yang sudah matang yaitu pilih yang kulitnya berwarna agak kemerahan dengan bintik-bintik hitam.

4. Pisang Gablok

Selanjutnya ada pisang gablok, pisang ini hampir mirip dengan pisang kepok. Namun, bedanya pisang gablok berukuran lebih besar dibandingkan pisang kepok. Pisang ini kurang populer di masyarakat karena rasanya yang agak asam.

Pisang ini selain bisa dijadikan kolak, biasanya juga dibuat kripik. Untuk menentukan ciri-ciri pisang gablok yang sudah matang juga cukup mudah yaitu kulit buahnya berwarna kuning dengan sedikit warna biru langit.

5. Pisang Raja

Terakhir ada pisang raja, pisang ini biasanya dijadikan opsi terakhir untuk membuat kolak karena getahnya yang mudah luntur saat dimasak. Namun jangan khawatir, Sobat bisa kukus terlebih dahulu pisang raja yang akan diolah supaya getahnya berkurang dan warna kolak tidak berubah kebiruan.

Nah itu dia beberapa jenis pisang yang cocok untuk kolak yang bisa Sobat coba di rumah. Sebenarnya masih banyak jenis pisang yang bisa diolah untuk kolak tetapi pastikan untuk memilih jenis pisang yang tidak terlalu lembek ketika diolah.

Jika Sobat kesulitan mencari jenis pisang yang cocok untuk kolak bisa beli di Klik Indomaret. Produknya lengkap dan banyak diskonnya juga. Jadi tunggu apalagi, ayo belanja di Klik Indomaret sekarang.

Beli pisang dan bahan kolak lainnya di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here