Sumber gambar: freepik/dotshock

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing tentunya bisa menjadi sahabat yang baik. Selain menggemaskan, kehadiran kucing juga bisa meningkatkan suasana hati pemiliknya. Meski demikian perlu perhatikan mengenai kesehatan kucing. Bahkan kucing yang dianggap sehat ternyata bisa juga menularkan kuman berbahaya dan bisa menularkan ke manusia.

Terlebih ketika sakit, kucing biasanya menunjukkan beberapa ciri tertentu. Jadi, penting untuk mengetahui ciri-ciri kucing sakit supaya lebih waspada dan langsung dapat ditangani sejak dini.

Perubahan Perilaku

Sumber gambar: freepik/Utku Demirsoy

Perubahan perilaku secara tiba-tiba pada kucing menjadi salah satu pertanda saat sakit. Beberapa kucing bisa menjadi pendiam, tampak stres, sering meong, dan tidak aktif seperti biasanya. Sebagian lagi ada juga kucing yang tiba-tiba lebih rewel, lebih lengket, atau lebih manja dari biasanya.

Lemas dan Diam

Sumber gambar: freepik/wirestock

Sebagian kucing ketika sakit akan menunjukkan tanda-tanda lelah, lemas, atau diam tidak bertenaga. Biasanya lebih suka duduk membungkuk, lebih banyak tidur, gelisah, sering memiringkan kepala. Nah, jika kucing sudah menunjukkan kondisi ini maka bisa jadi kucing sedang sakit.

Turun Berat Badan

Sumber gambar: freepik/gpointstudio

Penurunan berat badan pada kucing bisa jadi tanda ia sedang sakit. Maka penting untuk selalu mengecek dan pantau berat badan kucing secara berkala. Atau bisa juga cek dengan sering meraba sepanjang tulang rusuk belakangnya. Jika kucing mengalami berat badan bisa jadi pertanda penyakit tertentu sehingga perlu untuk diwaspadai.

Cegukan Berlebihan

Sumber gambar: freepik/jcomp

Cegukan yang berlebihan ini bisa jadi pertanda saat kucing mengalami sakit tertentu seperti asma, tumor, hingga penyakit jantung. Atau bisa jadi cegukan pada kucing bisa jadi pertanda ia menelan benda asing atau alergi makanan.

Muntah

Sumber gambar: freepik/Irina Mikhailichenko

Ciri-ciri kucing sakit selanjutnya yang sering terjadi yaitu muntah. Reaksi ini salah satu pertanda yang biasa terjadi setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Penyebabnya bisa beragam mulai dari sakit perut ringan, keracunan makanan, alergi, mabuk perjalanan, hingga bisa jadi pertanda kondisi yang lebih serius. Jika kucing muntah terus menerus dan tidak mau makan selama berhari-hari, segeralah bawa ke dokter.

Baca Juga : Makanan Kucing Terbaik dengan Harga Terjangkau

Itu dia beberapa ciri-ciri kucing sedang sakit yang perlu diwaspadai. Jika sudah terdapat beberapa gejala tersebut bisa langsung bawa ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Namun, lebih baik mencegah dengan selalu memberikan asupan makanan bernutrisi untuk kucing kesayanganmu.

Beli Makanan Kucing di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here