Sumber gambar : freepik/romanzaiets

Sunat atau khitan merupakan sesuatu yang umum dilakukan oleh kebanyakan laki-laki di Indonesia. Sunat sendiri adalah proses pelepasan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung kelamin laki-laki. Biasanya di Indonesia dilakukan pada anak laki-laki usia sekolah dasar atau 7-10 tahun.

Selain itu sunat juga tidak memengaruhi kesuburan. Bahkan sunat memiliki manfaat baik untuk kesehatan pria. Apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat sunat yang perlu kamu ketahui.

Lebih Mudah Dibersihkan

Saat belum sunat, untuk membersihkan kelamin tentunya lebih sulit karena perlu untuk membuka kulup dan memastikan tidak ada kotoran yang menempel pada sela-sela kelamin. Namun, setelah sunat akan lebih mudah untuk dibersihkannya sehingga kesehatan akan lebih terjaga dibandingkan jika tidak disunat.

Mencegah Penyakit Menular

Manfaat lainnya yaitu mengurasi risiko tertular penyakit kelamin. Menurut artikel yang dikutip dari hermiahospitals bahwa pria yang sudah disunat memiliki risiko lebih rendah untuk terpapar penyakit menular dibandingkan dengan pria yang tidak disunat. Namun, meski begitu tetap harus waspada dengan melakukan kegiatan seksual yang aman.

Menghindari Penyakit Fimosis & Parafimosis

Pria yang belum disunat memiliki risiko terkena penyakit fimosis dan parafimosis. Fimosis merupakan kondisi ketika kulup menyempit sehingga tidak bisa ditarik dan susah untuk dibersihkan. Sedangkan parafimosis merupakan keadaan ketika kulup dapat ditarik tetapi tidak bisa kembali ke posisi semula sehingga menekan kelamin seperti terjepit. Jika sudah mengalami ini, cara mengatasinya yaitu dengan melakukan sunat.

Alasan Seksual

Kulup pada kelamin pria ternyata dapat mengganggu sensasi kegiatan seksual loh. Pasalnya saat melakukan hubungan seksual kelamin akan terstimulasi secara langsung sehingga kerap terjadi ejakulasi dini. Nah, dengan sunat ternyata bisa menghindari penyakit ejakulasi dini.

Itu dia beberapa manfaat sunat untuk laki-laki. Selain memang merupakan ritual keagamaan sunat juga dianjurkan karena masalah kesehatan tersebut. Namun, sering anak ketakutan saat akan melakukan sunat. Sobat bisa tawarkan beberapa reward seperti mainan untuk membujuk Si Kecil.

Belanja Mainan Anak di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here