cegah stunting
Sumber gambar : freepik/odua

Stunting adalah salah satu masalah serius pada anak sehingga penting untuk melakukan berbagai cara untuk cegah stunting pada anak. Simak informasi selengkapnya berikut ini.


Menurut WHO, stunting terjadi ketika pertumbuhan fisik dan perkembangan anak terhambat akibat kekurangan nutrisi yang berkelanjutan. Hal ini dapat memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan dan kehidupan anak, termasuk masalah kognitif, penurunan daya tahan tubuh, serta produktivitas yang rendah di masa dewasa.

Baca Juga : Kenali Apa Itu Stunting dan Penyebabnya Pada Anak

Untuk mengatasi stunting, langkah-langkah pencegahan diperlukan agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Berikut ini beberapa cara efektif dalam mencegah stunting pada anak yang bisa dilakukan.

1. Memberikan Gizi yang Seimbang

cegah stunting
Sumber gambar : freepik/zilvergolf

Gizi yang baik adalah kunci utama dalam mencegah stunting. Anak-anak perlu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari makanan sehat dan seimbang. Pastikan mereka mendapatkan karbohidrat, protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan vitamin A.

Konsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu adalah langkah penting untuk cegah stunting. Biasakan untuk memberikan buah dan sayur sejak dini untuk menunjang nutrisi seimbang.

2. ASI yang Eksklusif

cegah stunting
Sumber gambar : freepik/zilvergolf

Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber gizi terbaik untuk bayi. Menyusui bayi secara eksklusif selama enam bulan pertama dapat memberikan kekebalan dan nutrisi yang optimal. ASI mengandung zat-zat penting yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

3. Pemantauan Kesehatan Rutin

cegah stunting
Sumber gambar : freepik/odua

Pemantauan kesehatan rutin anak sangat penting untuk mendeteksi potensi masalah pertumbuhan. Konsultasikan dengan dokter secara teratur, untuk memperoleh informasi tentang pertumbuhan anak dan memperoleh saran tentang asupan nutrisi yang tepat. Jika ada masalah pertumbuhan yang terdeteksi, langkah-langkah pengobatan atau perubahan diet dapat segera dilakukan.

4. Pengetahuan Mengenai Gizi dan Perawatan Anak

cegah stunting
Sumber gambar : freepik/jcomp

Memberikan pengetahuan tentang gizi dan perawatan anak kepada orang tua dan pengasuh sangat penting. Meningkatkan kesadaran tentang pentingnya nutrisi yang baik dan memberikan informasi tentang pilihan makanan yang sehat dapat membantu cegah stunting.

Baca Juga : Dampak dan Bahaya Stunting pada Anak

5. Air Bersih dan Sanitasi yang Baik

cegah stunting
Sumber gambar : freepik/koldo_studio

Air bersih dan sanitasi yang baik merupakan faktor penting dalam mencegah penyakit infeksi yang dapat menghambat pertumbuhan anak. Pastikan anak memiliki akses yang memadai ke air bersih dan sarana sanitasi yang aman. Selain itu mencuci tangan dengan sabun secara teratur juga penting dalam mencegah penyebaran penyakit.

6. Perhatikan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

cegah stunting
Sumber gambar : freepik/feepikcontributorthailand

Orang tua dan pengasuh harus memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan cermat. Mengukur berat badan dan tinggi badan secara teratur serta membandingkannya dengan standar pertumbuhan yang normal dapat membantu mendeteksi dini tanda-tanda stunting. Jika ada kekhawatiran, segera konsultasikan dengan dokter.

Mencegah stunting pada anak membutuhkan perhatian dan tindakan dari semua pihak terkait. Khususnya orang tua, perlu memberikan perhatian mengenai stunting ini. Lakukan beberapa langkah pencegahan stunting seperti di atas untuk memastikan anak terhindar dari stunting.

Jangan lupa untuk selalu berikan makanan dengan gizi seimbang. Selalu stok makanan sehat seperti buah, sayur, dan susu untuk anak di rumah dengan belanja di Klik Indomaret. Belanja tanpa repot cukup dengan satu aplikasi untuk penuhi berbagai kebutuhan karena pilihan produknya banyak, diskonnya berlimpah dan gratis ongkir juga. Jadi tunggu apalagi, ayo belanja di Klik Indomaret sekarang.

cegah stunting
Periode promo hingga 25 Juli 2023

Belanja Kebutuhan Ibu dan Anak di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here