cara membersihkan panci gosong
Sumber gambar : freepik/natashabreen

Membersihkan panci gosong selain sulit tetapi juga bisa menguras emosi. Supaya lebih mudah ikuti cara ampuh membersihkan panci gosong berikut ini.


Panci gosong adalah masalah umum yang sering dialami saat memasak. Saat mengabaikan panci yang sedang dipanaskan, makanan dapat terbakar dan meninggalkan noda hitam yang sulit dihilangkan. Namun, jangan khawatir berikut ini cara ampuh membersihkan panci gosong dengan mudah yang bisa kamu ikuti di rumah.

1. Rendam dengan Air dan Deterjen

cara membersihkan panci gosong
Sumber gambar : freepik/ana_fox

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah merendam panci yang gosong dalam air hangat dengan tambahan deterjen cair. Biarkan panci terendam selama beberapa jam atau semalaman. Proses perendaman akan melunakkan kerak dan sisa-sisa makanan yang menempel pada panci sehingga membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan.

2. Gunakan Campuran Air dan Cuka

cara membersihkan panci gosong
Sumber gambar : freepik/valeria_aksakova

Campuran air dan cuka adalah solusi alami yang ampuh untuk membersihkan panci gosong. Cuka ini akan membantu melarutkan noda dan kerak yang membandel. Campurkan jumlah yang sama antara air dan cuka dalam panci yang akan dibersihkan, lalu didihkan selama beberapa menit. Setelah itu, biarkan panci mendingin dan sikat bagian yang gosong dengan spons atau sikat yang lembut.

Baca Juga : Jenis Cairan Pembersih Yang Wajib Ada di Rumah

3. Baking Soda dan Air

cara membersihkan panci gosong
Sumber gambar : freepik

Baking soda memiliki sifat abrasif yang efektif dalam menghilangkan noda dan kerak pada panci gosong. Caranya mudah cukup campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta kental. Oleskan pasta tersebut ke bagian yang gosong pada panci, dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu, sikat bagian yang gosong dengan spons atau sikat, dan bilas dengan air bersih.

4. Air dan Garam

cara membersihkan panci gosong
Sumber gambar : freepik/iamporpla

Air garam adalah bahan lain yang bisa digunakan untuk membersihkan panci gosong. Pertama tambahkan air secukupnya ke dalam panci dan tambahkan beberapa sendok garam. Didihkan campuran tersebut selama beberapa menit, lalu matikan api. Biarkan panci mendingin, lalu sikat dengan spons atau sikat yang lembut. Garam akan membantu mengikis noda dan kerak yang sulit dihilangkan.

5. Larutan Cairan Pencuci Piring

cara membersihkan panci gosong
Sumber gambar : freepik/gpwlsl1004

Jika semua cara di atas tidak berhasil, bisa mencoba gunakan larutan cairan pencuci piring yang kuat. Cukup tuangkan sedikit cairan pencuci piring ke dalam panci yang gosong, lalu tambahkan air hangat. Biarkan larutan tersebut meresap selama beberapa waktu sebelum dicuci seperti biasa.

Bilas dan Keringkan

Setelah melakukan metode berbagai metode di atas, bilas panci dengan air bersih dan keringkan dengan lap bersih. Pastikan panci benar-benar kering untuk mencegah pembentukan karat di permukaan panci.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, dapat dengan mudah membersihkan panci gosong dan mengembalikannya dalam kondisi yang bersih dan mengkilap. Penting juga menjaga kebersihan panci dan alat masak karena pencegahan adalah langkah terbaik untuk menghindari panci gosong. Jaga perhatian saat memasak dan periksa panci secara teratur untuk menghindari risiko panci terbakar atau gosong.

Selalu gunakan sabun pencuci alat dapur yang berkualitas supaya kotoran pada panci dan alat dapur lainnya tidak tertinggal. Belanja sabun khusus untuk alat dapur yang berkualitas di Klik Indomaret aja. Nah pas banget ada promo untuk setiap pembelian sabun cuci piring dan alat dapur yang buat belanjaanmu makin hemat.

cara membersihkan panci gosong
Periode promo hingga 24 Juni 2023

Beli Sabun Cuci di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here