4 Tips Simpan Minyak Goreng Yang Benar
Sumber gambar : freepik/jcomp

Alih-alih membeli minyak goreng yang berkualitas tetapi jika tidak disimpan dengan benar dapat mempengaruhi kandungan gizi dalam minyak goreng.


Setiap minyak goreng baik yang berkualitas rendah maupun tinggi mengandung lemak jenuh dan lemak tak jenuh ganda. Menurut live science, kedua jenis lemak ini bisa menimbulkan bau tengik jika terkontaminasi dengan cahaya/panas, air, udara, dan mikroba lainnya.

Minyak yang tidak disimpan dengan benar seperti dibiarkan terbuka, atau terpapar panas dapat membuat minyak cepat rusak.  Semakin banyak zat dalam minyak yang rusak maka akan semakin tercium bau tidak sedap.

Lantas, bagaimana menyimpan minyak goreng yang benar supaya tetap berkualitas dan lebih awet? Baca tips selengkapnya berikut ini.

Gunakan Botol Kaca

4 Tips Simpan Minyak Goreng Yang Benar
Sumber gambar : freepik/pixel-shot.com

Biasanya ibu-ibu lebih sering menyimpan minyak goreng dalam botol plastik. Terlebih minyak yang dikemas dalam botol plastik lebih mudah ditemukan di pasaran.

Sebaiknya simpan minyak goreng dalam botol kaca karena dapat memperpanjang daya simpan minyak. Pasalnya, kualitas minyak goreng yang disimpan dalam botol plastik lebih cepat menurun. Hal ini disebabkan karena bahan plastik lebih cepat memuai dan larut dalam minyak.

Jika membeli minyak dalam jumlah besar, sebaiknya segera simpan dalam botol-botol kecil. Selain botol kaca juga dapat mencegah masuknya mikroba dan oksigen ke dalam minyak akibat terlalu sering dibuka-tutup.

Baca Juga : Rekomendasi Minyak yang Lebih Sehat

Simpan Jauh dari Kompor

4 Tips Simpan Minyak Goreng Yang Benar
Sumber gambar : freepik/jcomp

Ini jadi salah satu kebiasaan lain yang kerap dilakukan ibu-ibu rumah tangga yaitu menyimpan minyak goreng dekat dengan kompor. Hal ini memang memudahkan ketika akan digunakan memasak tetapi kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan.

Pasalnya, minyak goreng yang disimpan dekat kompor akan lebih mudah terpapar panas dari kompor. Hal ini membuat minyak goreng lebih mudah menguap dan menurunkan kualitas minyak goreng. Sebaiknya simpan minyak goreng dalam suruh ruang seperti di rak atau lemari dapur yang tertutup.

Jauhkan dari Sinar Matahari

4 Tips Simpan Minyak Goreng Yang Benar
Sumber gambar : freepik/oksix

Seperti halnya minyak goreng tidak dianjurkan disimpan dekat kompor, baiknya jangan biarkan minyak goreng terkena matahari langsung. Ini karena suhu panas dapat menguap lebih mudah dan meluruhkan antioksidan dalam minyak goreng.

Hal ini akan semakin parah jika disimpan dalam kemasan plastik. Maka minyak goreng akan semakin cepat memuai dan kandungannya akan cepat rusak sehingga menyebabkan bau tengik.

Simpan dalam Kulkas

4 Tips Simpan Minyak Goreng Yang Benar
Sumber gambar : freepik/pixel-shot.com

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas minyak goreng yaitu disimpan dalam kulkas. Ketika minyak goreng disimpan dalam kulkas maka umur simpan minyak bisa lebih lama karena minyak akan berubah menjadi lebih padat ketika terkena suhu dingin.

Sebenarnya ini bisa jadi solusi yang cukup efektif, tetapi akan sedikit mempersulit saat akan dipakai. Pasalnya sebelum dapat digunakan minyak goreng perlu dicairkan terlebih dahulu. Tentunya untuk mencairkannya akan memerlukan waktu yang cukup lama sehingga banyak waktu yang terbuang.

Nah itu dia beberapa tips menyimpan minyak goreng yang benar dan bisa Sobat coba di rumah. Selain dapat menjaga kualitas minyak goreng tetapi juga dapat membuat masa simpan minyak lebih lama.

Untuk mendapatkan minyak goreng yang berkualitas Sobat bisa membelinya di Klik Indomaret. Banyak pilihan minyak goreng yang bisa Sobat pilih sesuai dengan kebutuhan. Terlebih lagi belanja berbagai kebutuhan di Klik Indomaret lebih mudah, banyak promo, dan gratis ongkir tentunya.

4 Tips Simpan Minyak Goreng Yang Benar
Periode promo hingga 30 April 2023
Belanja Minyak Goreng Berkualitas di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here