Ketupat adalah olahan beras yang dimasak khusus di dalam daun yang dianyam dengan rapi, Ketupat biasanya digunakan sebagai pengganti nasi, untuk dimakan bersama lauk pauk khas Lebaran lain seperti opor ayam, ayam pop, rendang, gulai dan lain sebagainya.

Ketupat yang dimasak dengan tepat, akan menghasilkan tekstur yang empuk dan rasa yang enak saat dimakan. Berikut tips memasak ketupat yang lezat untuk disantap saat Lebaran nanti.

Pilih Beras 

Beras yang pulen dan berkualitas baik akan menghasilkan ketupat yang matang dan padat saat dimasak. Kamu bisa menggunakan, beras yang biasa digunakan dan sudah kamu pahami akan kualitas dan rasanya.

Gunakan Air Kapur Sirih

Menggunakan air kapur sirih berfungsi membuat tekstur ketupat menjadi lebih padat dan kenyal. Tuangkan 3-5 sendok kapur sirih kedalam beras. Setelah itu cukup bilas sekali, kemudian beras siap dimasak.

Isi Ketupat

Ketupat tidak bisa diisi terlalu penuh karena dapat menyebabkan beras tidak matang sempurna atau justru sebaliknya saat matang akan keluar dari sela daun. 

Itu sebabnya mengisi ketupat, secukupnya akan menentukan apakah ketupat berhasil untuk dibuat atau tidak.

Masak Ketupat Di Air Mendidih

Pastikan saat kamu akan merebus ketupat, air yang ada pada panci sebelumnya sudah dipanaskan dan dalam keadaan mendidih. Ini akan membuat ketupat matang lebih rata dan tidak memakan waktu yang banyak.

Pastikan ketupat terendam 

Hal yang satu ini juga penting, saat merebus ketupat pastikan seluruh bagiannya terendam agar ketupat matang dan kenyal dengan sempurna.

Itu beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memasak dan menghasilkan ketupat yang lezat untuk disantap saat hari Lebaran nanti.


Sumber informasi: youtube/sajiansedap

Memasak Lebih Mudah Pakai Peralatan Masak Ini

sumber gambar utama: tyasindayanti-freepik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here