Photo of concentrated readhead bearded student, preparing for university exam in a cafe

Membaca merupakan salah satu aktivitas positif yang paling asyik untuk dilakukan. Selain dapat mengisi waktu luang tentunya dengan membaca akan menambah wawasan. Di jaman yang serba modern ini kebiasaan membaca pun ikut mengikuti perkembangan teknologi.

Sekarang membaca pun tidak hanya berasal dari buku yang dicetak secara fisik namun bisa langsung dari gadgetmu. Selain lebih mudah tentunya kita tidak perlu lagi repot membawa buku cetak yang banyak dan berat.

Kini banyak aplikasi yang berisi berita, novel, majalah hingga cerita dengan berbagai tema yang tentunya dapat dipilih sesuai dengan minatmu. Selain itu membaca secara digital juga mendukung pengurangan penggunaan kertas, tentunya kita tahu bukan bahwa kertas terbuat dari pohon.

Buat kamu yang memiliki hobi dalam membaca berikut ada beberapa aplikasi rekomendasi yang dapat mendukung minatmu.

iPusnas

Sumber: Pustakawan Blogger

Salah satu aplikasi buatan dalam negeri, aplikasi ini dibuat oleh pemerintah untuk mendukung dan mengembangkan minat baca masyarakat terutama para generasi muda. 

Di aplikasi ini sobat dapat menemukan banyak novel hingga buku pelajaran yang dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ipusnas juga dapat mengobati rasa penasaran kamu yang ingin berkunjung ke gedung perpustakaan nasional namun terhalang jarak yang jauh 

Play Books

Sumber: https://techaeris.com

Salah satu aplikasi bawaan smartphone dengan OS Android. Selain terdapat jutaan buku maupun novel yang kamu unduh secara gratis maupun berbayar. 

Play Books menyediakan fitur offline untuk membaca buku pilihanmu sehingga menghemat menghemat kuota sehingga tidak cepat habis. Selain itu jika kamu menyimpan buku digital drive ataupun smartphone mu, buku tersebut langsung bisa dibaca jika membuka Play Books.

Medium

Sumber: Medium

Sedikit berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya Medium merupakan aplikasi untuk kamu yang doyan baca namun ingin mendapatkan tips maupun pengalaman bermanfaat untuk menambah soft skill mu. 

Disini kamu bisa membaca berbagai macam topik yang ditulis oleh penulis lainnya yang tergabung pada platform Medium mulai dari tips investasi hingga cara kamu agar bisa mendapatkan pekerjaan di startup unicorn 

Baca juga: Tampil Fotogenik Dengan Tips Singkat Berikut

Quora

Sumber: jobs.lever.co

Pernah punya pertanyaan yang tak terjawab? Atau mungkin punya pertanyaan mengganjal namun bingung bertanya ke siapa? Quora bisa menjadi jawaban kebingunganmu. Quora merupakan aplikasi tanya jawab lengkap dengan berbagai pertanyaan sesuai dengan topik yang kamu minati

Wattpad

Sumber: kompasiana

Yang ini pastinya kebanyakan untuk kamu pecinta cerita pendek maupun novel sudah akrab dengan aplikasi ini. Wattpad memiliki banyak novel gratis  dengan berbagai tema yang dibuat mandiri oleh para user dari Wattpad.

Jadi nggak hanya membaca ribuan bahkan jutaan karya orang, kamu juga bisa menulis dan mempublikasikan karyamu di Wattpad.

Membaca buku memang menjadi hobi yang seru sekaligus bermanfaat, karena dapat menambah wawasan kita. Saat mengakses beberapa aplikasi diatas, tentu kamu perlu menggunakan jaringan internet agar tetap terhubung. Jadi make sure kuota internet kamu selalu ada ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here