Siapa di sini yang masih suka malas makan ikan? Wah kalau begitu kamu harus mencobanya, karena ikan merupakan salah satu bagian dari makanan pokok yang kaya manfaat kesehatan, ikan memang dikenal sebagai bahan makanan pokok yang rendah lemak tapi tinggi protein.

Salah satu jenis ikan yang memiliki banyak manfaat adalah ikan tuna, nah biar tambah nikmat yuk ikuti resep kreasi tuna sambal daun jeruk dari Dapur Klik berikut.

Bahan:
– 1 pack Tuna
– 1/2 sdt garam
– 1/2 sdt lada
– 1 pcs jeruk nipis atau lemon
– Minyak goreng (secukupnya)

Bahan sambal:
– 8 buah cabai rawit
– 1 siung bawang putih
– 1/2 buah tomat
-3 lembar daun jeruk
-1/4 sdt garam
-1 sdt gula
-1/2 sdt kaldu jamur
-2 sdm minyak goreng

Cara pembuatan:

  1. Langkah pertama, marinasi tuna dengan perasan air jeruk nipis atau lemon, garam dan juga merica. Oleskan secara merata ke seluruh daging ikan.
  2. Sambil menunggu, panaskan wajan dan beri sedikit minyak, setelah masak tuna yang sudah di marinasi tadi hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  3. Selanjutnya, siapkan sambal dengan cara haluskan cabai merah, bawang putih dan juga tomat. Bisa menggunakan blender atau ulekan jika kamu tidak ingin tekstur sambal yang terlalu halus.
  4. Tumis sambal yang sudah dihaluskan, pada wajan yang diberi sedikit minyak. Tambahkan bumbu lain seperti irisan daun jeruk, garam, gula dan kaldu jamur sebagai penyedap rasa. Tumis, hingga aroma sambal harum dan matang.
  5. Siapkan piring saji, letakkan selada kemudian daging ikan tuna di atasnya, lalu tuangkan sambal daun jeruk di atas daging ikan dan tuna sambal daun jeruk siap untuk disajikan! Kamu bisa menambahkan nasi putih hangat sebagai pelengkap hidangan ini.

Mudah bukan proses pembuatannya? Yuk langsung aja praktekan resep ini di dapur rumah kamu ya sobat. Jangan lupa belanja, bahan masakan dari rumah aja di aplikasi Klik Indomaret.

FREE ONGKIR SETIAP PEMBELIAN PRODUK SEGAR TERTENTU + DISKON UP TO 30%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here