memulihkan chat whatsapp android
sumber gambar: freepik/mteerapat

Whatsapp saat ini menjadi salah satu aplikasi chatting yang diandalkan banyak orang saling berkomunikasi satu sama lain. Alasannya karena aplikasi WhatsApp, punya banyak fitur dan keunggulan yang memudahkan para penggunannya.

Salah satunya adalah fitur memulihkan riwayat chat atau restore chat, sehingga pengguna tidak perlu repot untuk memindahkan akun WhatsApp dari satu perangkat ke perangkat lainnya. 

Nah buat kamu pengguna Android dan baru ganti hp bisa coba beberapa cara ini untuk memulihkan riwayat chat WhatsApp.

Cara Memulihkan Riwayat Chat di Android:

Pertama-tama cara ini untuk memastikan bahwa chat kamu dicadangkan sebelum memulihkan chat pada perangkat baru.

  1. Buka Whatsapp, pilih opsi lainnya > Setelan > Chat > Cadangan Chat
  2. Kemudian pilih akun Google yang ingin dijadikan tempat mencadangkan chat. Kamu juga bisa memanfaatkan cadangan lokal pada perangkat.
  3. Setelah chat dicadangkan, kamu bisa menghapus WhatsApp di perangkat lama dan menginstall WhatsApp di perangkat yang baru.

Memulihkan dari cadangan Google Drive

Untuk kamu yang mudah lupa, tenang saja WhatsApp menghadirkan fitur cadangkan otomatis yang kamu bisa atur frekuensinya. Mulai dari harian, mingguan, atau bulanan. 

Jangan lupa untuk memulihkan cadangan melalui akun Google Drive, kamu memerlukan nomor telepon dan akun Google yang sama saat mencadangkan chat.

  1. Pertama pastikan perangkat Android yang baru sudah ditautkan ke akun Google tempat cadangan chat berada.
  2. Kemudian, pasang dan buka WhatsApp, lalu verifikasi nomor teleponmu 
  3. Ketuk pulihkan, ketika diminta untuk memulihkan chat dan media dari Google Drive
  4. Setelah proses pemulihan selesai, ketuk pilihan “Lanjut”. Nantinya chat kamu akan ditampilkan setelah proses selesai.
  5. Selanjutnya WhatsApp akan melanjutkan dengan memulihkan file media setelah chat selesai dipulihkan.

Memulihkan dari Cadangan Lokal

Jika ingin menggunakan cadangan lokal, kamu perlu mentransfer file ke telepon dengan menggunakan komputer, file explorer, atau kartu SD. Berikut ini cara untuk memulihkan cadangan:

  1. WhatsApp > Database. Jika data tidak ada di kartu SD, mungkin bisa kamu temukan di “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”.  Selanjutnya salin file cadangan terbaru ke folder database di penyimpanan lokal perangkat barumu.
  2. Kemudian pasang dan buka WhatsApp, lalu verifikasi nomor teleponmu.
  3. Terakhir ketuk “Pulihkan” ketika diminta untuk memulihkan chat dan media dari cadangan lokal.

Itu dia beberapa langkah untuk memulihkan riwayat chat, bagi kamu pengguna Android. Jangan lupa untuk rajin-rajin mencadangkan riwayat chat mu, agar jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan pada akun WhatsApp mu riwayat chat masih bisa diselamatkan.


Sumber: faq.whatsapp.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here