Saat bermain handphone kita sering tanpa sadar menjatuhkannya, misalnya ke lantai atau nggak jarang tidak sengaja menjatuhkan ke air. Alhasil handphone mendadak mati total dan tidak berfungsi, kalau tidak segera ditangani dengan tepat. Kerusakan parah bisa terjadi pada komponen-komponen di dalam handphone.

Jangan langsung panik saat handphonemu kemasukan air, lakukan beberapa tips ini untuk memperbaikinya. Langsung cek di bawah ini ya.

Lepas baterai dan sim card

Technician repairing broken smartphone on desk Premium Photo

Saat handphone tercebur ke air hal yang pertama kali kamu ingat adalah jangan menghidupkan handphone. Karena bisa jadi hal itu akan menghidupkan arus pendek dan merusak komponen yang ada di dalamnya.  

Lepaskan baterai dan sim card handphone untuk menghindari kerusakan di area tersebut, selain itu kalau kamu menggunakan casing. Segera lepaskan dari handphone agar lebih mudah kering.

Keringkan handphone

Female hands cleaning mobile phone for covid-19 disease prevention. virus prevention. Premium Photo

Saat mengelap handphone pastikan seluruh komponen di lap menggunakan kain kering, hindari penggunaan hair dryer saat mengeringkan handphone karena udara panas hair dryer bisa menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen di smartphone. 

Pastikan LCD handphone kering seutuhnya

Woman is cleaning a smartphone with a jet of alcohol aerosol hand sanitizer and disposable cloth at home. precautions regarding viruses Premium Photo

Keringkan handphone dengan menggunakan lap kering yang lembut dan menyerap air. Di tahap ini  kalian harus benar-benar teliti dan memastikan lcd handphone sudah benar-benar kering, karena jika dibiarkan terlalu lama bisa muncul flek hitam dan garis hitam pada layar smartphone.

Rendam dalam beras

Dropped your phone in water fix is rice Premium Photo

Hal yang satu ini memang seringkali digunakan banyak orang untuk mengeringkan handphone. Beras bersifat kering dan dengan mudah dapat menyerap embun air yang tersisa di sela-sela komponen smartphone. Tinggalkan semalaman dan periksa di pagi hari apakah air sepenuhnya sudah hilang atau belum.

Setelah melakukan cara diatas tapi smartphone masih belum berfungsi atau membaik, segera bawa ke tempat service resmi smartphone kalian. Agar perbaikan yang diberikan bisa dilakukan secara maksimal.

Sumber: Maniakandroid.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here