Boomingnya Podcast pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Belakangan ini Podcast semakin digandrungi nih. Konten digital yang satu ini banyak dipilih sebagai opsi lain selain video. Karena saat mendengarkan Podcast tidak diperlukannya perhatian penuh terhadap konten yang kita pilih.

Di luar negeri sendiri munculnya Podcast sudah muncul sejak awal tahun 2000-an. Namun sebelum membahas Podcast lebih lanjut ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu definisi dari Podcast.

Apa Itu Podcast?

Istilah Podcast sendiri diambil dari gabungan kata iPod dan Broadcasting. Mengapa iPod? Karena Podcast muncul dan kemudian populer disaat bersamaan dengan peluncuran iPod pada tahun tahun 2005. Setelah itu tahun kemudian Podcast mulai naik daun sebagai pilihan alternatif selain radio konvensional.

Baca Juga: Delapan Podcast Seru Yang Akan Membuatmu Lebih Menarik Di Tahun Baru

Apakah Podcast Bisa Menghasilkan Uang?

Tentu saja bisa, namun perlu di garis bawahi berbeda dengan platform seperti Youtube atau Twitch yang dapat memasang ads pada konten dalam platformnya. Namun ada cara lain yang dapat diadopsi untuk monetisasi Podcast yang dibuat.

  •  Adlibs, merupakan iklan yang sebelum dibacakan oleh sang Podcasters harus dipersiapkan scriptnya terlebih dahulu.
  • Sponsor, ini merupakan jenis iklan yang kontennya disesuaikan dan disetujui dengan permintaan klien yang memberikan sponsor
  • Donasi, jika konten Podcast mu dirasa menghibur oleh penggemar, tidak menutup kemungkinan penonton akan memberikan donasi untuk mendukung kontenmu

Nah itu dia cara untuk menghasilkan uang dari Podcast yang dibuat. Saran Klik min jika kamu ingin mencoba menghasilkan duit dari Podcast, pastikan kontenmu berkualitas dan dibuat secara terus menerus sehingga. Serta jangan lupa tanamkan self branding pada Podcast yang kamu bawakan

Dengan begitu, pendengar akan datang dengan sendirinya. Pundi-pundi rupiah pun bisa kamu kantongi dengan mudah. Yuk bikin podcast!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here