Biji merupakan tahapan awal dari perkembangan setiap tumbuhan, oleh karena itu sudah pasti kandungan di dalam setiap biji tumbuhan sangat bermanfaat dan bergizi bagi tubuh. Biji-bijian juga berfungsi sebagai sumber serat yang baik bagi tubuh karena mengandung lemak tak jenuh sehat, mineral, antioksidan serta vitamin penting lainnya.

Biji-bijian juga bukan hanya ada satu jenis saja, melainkan ada ribuan jenis biji-bijian yang memiliki manfaat bagi tubuh kita. Saat dikonsumsi, biji-bijian dapat membantu mengurangi gula darah, kolesterol, dan juga tekanan darah.

Nah beberapa jenis biji-bijian ini juga memiliki berbagai nutrisi dan manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Buat yang penasaran ini dia beberapa jenis biji-bijian yang bermanfaat bagi tubuh

Biji Bunga matahari

Sumber foto: Freepik

Kuaci atau biji bunga matahari memang menjadi salah satu alternatif cemilan yang dikonsumsi saat program diet. Biji bunga matahari mengandung lemak tak jenuh, protein, dan vitamin E. mengkonsumsi biji bunga matahari juga dapat mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung pada lansia.

Biji Chia

Sumber foto: Freepik

Biji yang berasal dari salah satu jenis tanaman mint salvia hispanica ini banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika selatan. Biji chia memiliki kandungan antioksidan serta polifenol yang penting untuk kesehatan. Biji chia juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan mengurangi nafsu makan, sehingga cocok untuk kalian yang sedang menjalani program diet.

Baca Juga: Greek Salad, Menu Sehat Dan Bergizi Yang Rendah Kalori

Biji Wijen

Sumber gambar: Freepik

Sesame seeds atau biji wijen memiliki kandungan lignan, beberapa penelitian juga menunjukan kalau biji wijen dapat menurunkan kadar kolesterol serta membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang dapat menimbulkan radang sendi. 

Biji Gandum

Sumber gambar: Freepik

Biji gandum memang terkenal sebagai bahan makanan sehat untuk orang yang sedang menjalani program diet atau pun bagi seorang vegetarian. sering di jadikan sebagai bahan utama pembuatan roti, ternyata gandum memiliki beragam khasiat bagi tubuh. Seperti menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, memperlancar pencernaan, dan masih banyak lainnya.

Gandum utuh memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga walaupun tidak mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat kalian tidak akan merasa lapar setelah mengkonsumsi gandum.

Biji-bijian sehat tadi bisa kalian taburkan ke dalam campuran makanan atau diolah kembali menjadi makanan yang siap untuk di konsumsi. Nah bagaimana? Yuk mulai hidup sehat dari sekarang.

Sumber: Healthline

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here