Young brunette woman against a beige background sick, suffering from stomachache, painful disease concept.

Setiap perempuan pasti sering mengalami nyeri saat menstruasi. Perubahan hormon yang tak menentu dan juga nyeri pada bagian pinggang dan perut pastinya akan sangat menyiksa dan menghambat aktivitas yang akan dilakukan.

Sehingga banyak perempuan yang suka mengkonsumsi obat pereda rasa sakit yang bisa mengurangi nyeri pada saat menstruasi. Tapi faktanya mengkonsumsi obat penghilang nyeri terlalu sering justru tidak sehat bagi kesehatan rahim dan tubuh.

Tapi tenang aja sobat, beberapa metode ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi nyeri saat menstruasi. Dengan cara yang praktis dan pastinya aman banget buat kamu.

Kompres Air Hangat

Sumber foto: Freepik

Saat menstruasi kebanyakan perempuan merasakan nyeri di area perut dan juga pinggang. Hal itu disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron pada saat menstruasi. 

Untuk mengurangi rasa nyeri saat datang bulan, sobat bisa mengompres bagian perut dan pinggang dengan air hangat yang dimasukan ke dalam botol kaca dan jangan lupa lapisi dengan handuk agar rasa panas tidak langsung mengenai kulit. 

Berbaring 

Sumber foto: Freepik

Cara yang satu itu ini memang terlihat sederhana, setelah lelah beraktivitas seharian diluar. Sobat bisa membaringkan diri di kasur untuk menghilangkan rasa nyeri pada bagian pinggang dan perut saat menstruasi.

Guna nya untuk merelaksasikan area rahim, tidur terlentang dan letakan kedua kaki pada dinding. Hal ini akan mengurangi rasa nyeri dan melancarkan aliran darah yang menuju rahim. 

Minum Jamu

Sumber foto: Freepik

Jamu bisa jadi alternatif obat alami untuk menghilangkan nyeri pada saat datang bulan. Varian jamu yang bisa dikonsumsi adalah kunyit asam.

Kandungan kurkumin yang aktif berfungsi untuk menenangkan area rahim yang kontraksi pada saat menstruasi. Sifat analgesik pada kunyit asam dapat mengatasi nyeri pada bagian tubuh.

Saat menstruasi memang bikin mood jadi kacau. Selain minum jamu, berbaring, dan cara lainnya, mood yang buruk kembalikan dengan jajan yang seru.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here