Sumber gambar : freepik

Tahukah Sobat jika 60% komposisi tubuh manusia yaitu air. Hal ini tidak heran jika kebutuhan air dalam tubuh cukup tinggi supaya sel dalam tubuh dapat berfungsi optimal. Oleh karena itu rutin konsumsi air putih atau air mineral sangat dianjurkan untuk mendapatkan tubuh yang tetap sehat. Disarankan minimal 8 gelas atau 2 liter setiap harinya.

Selain itu rutin konsumsi air putih juga dapat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, sembelit, hingga melancarkan peredaran darah. Lantas bagaimana porsi minum air putih dalam sehari? Apakah harus diminum 2 liter sekaligus atau masing-masih 1 liter pagi dan malam hari? Nah, ini dia waktu terbaik untuk minum air putih dalam sehari supaya badan lebih sehat.

Bangun Tidur

Sumber gambar : freepik/artfolio

Selama tertidur tubuh tidak mendapatkan asupan air sehingga waktu terbaik minum air putih yaitu saat bangun tidur. Supaya lebih mudah dan tidak lupa, selalu siapkan air putih di meja dekat kasur. Minumlah air segelas penuh atau secukupnya supaya tubuh tidak dehidrasi.

Sebelum dan Sesudah Makan

Sumber gambar : freepik/farhadibrahimzade

Siapa bilang minum air putih hanya setelah makan, sebelum makan juga dianjurkan untuk minum air putih. Selain mengontrol asupan makanan yang masuk, ini juga dinilai efektif untuk menjaga berat badan ideal. Sedangkan sesudah makan dianjurkan minum air putih untuk melancarkan makanan yang masuk ke tubuh. Sehingga proses penyerapan nutrisi juga lebih baik. Namun pastikan beri jeda sekitar 15-30 menit setelah makan supaya proses mencerna makanan tidak terganggu.

Saat Merasa Lelah dan Pusing

Sumber gambar : freepik/diana.grytsku

Rasa lelah dan pusing merupakan ‘alarm’ saat tubuh kekurangan air karena dehidrasi. Jika sudah merasa lelah dan pusing segeralah minum air putih supaya tidak dehidrasi. Minum air putih ini dapat mengurangi pusing dan tubuh juga lebih berenergi.

Saat Olahraga

Sumber gambar : freepik/jcomp

Olahraga tentunya tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan sehingga sangat berisiko untuk dehidrasi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk minum air putih, sebelum, saat, dan setelah olahraga. Dengan minum air putih maka tubuh akan lebih berenergi untuk bergerak dan dapat menggantikan elektrolit penting yang keluar saat olahraga.

Itu dia beberapa waktu terbaik untuk minum air putih setiap harinya. Namun ada baiknya untuk memasang alarm di handphone supaya tidak lupa minum air putih. Atau bisa gunakan botol minum dengan petunjuk waktu supaya asupan air tubuh tetap terjaga.

Selain itu yang tidak kalah penting yaitu stok air mineral setiap hari, pastikan selalu tercukupi. Jangan sampai dehidrasi karena stok air mineral kosong. Ayo segera stok air mineral dengan belanja di Klik Indomaret, tidak perlu repot belanja keluar rumah, belanjaan langsung di antar ke rumah. Gratis ongkir, banyak promo, dan satu jam sudah sampai.

Belanja Air Mineral di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here