tradisi valentine
sumber gambar: freepik

Valentine atau Hari Kasih Sayang menjadi hari bagi banyak orang di berbagai penjuru dunia untuk menunjukkan rasa sayang pada orang terkasih dengan berbagai cara. Contohnya seperti memberikan bunga, makan malam romantis, puisi romantis, dan lain sebagainya

Tidak hanya di Indonesia, Valentine juga dirayakan oleh banyak orang dari berbagai negara. Perayaan ini jadi salah satu ajang untuk mengekspresikan rasa sayang atau rasa suka pada orang terkasih. Tidak melulu harus pasangan melainkan orang terdekat kamu juga bisa.

Nah, tahukah sobat, kalau ternyata Valentine dirayakan di berbagai negara dengan cara yang berbeda-beda loh. Mau tahu? Yuk kenalan dengan kebiasaan atau tradisi Valentine dari berbagai negara berikut ini.

Jepang

Valentine di Jepang umumnya sama dengan negara-negara lainnya yaitu dengan memberikan hadiah berupa coklat, barang, bunga. Namun yang berbeda pada Hari Valentine yang memberikan hadiah justru para perempuan.

Sebaliknya para laki-laki akan memberikan balasan atas hadiah yang mereka dapat di Valentine, pada White Day yang diperingati setiap tanggal 14 Maret. Tepat satu bulan setelah perayaan Valentine.

Prancis

Tidak ketinggalan negara yang seringkali menjadi destinasi untuk liburan romantis, negara Prancis juga turut merayakan Valentine. Orang-orang di Prancis punya kebiasaan unik, saat merayakan Valentine. Tidak hanya memberikan bunga, cokelat, atau benda lainnya.

Di Prancis para pasangan akan mengikatkan cinta mereka melalui gembok cinta yang diletakkan di Pont Des Arts. Namun sayangnya saat ini kebiasaan tersebut sudah tidak bisa dilakukan di Pont Des Arts.

Korea Selatan

Hampir mirip dengan perayaan Valentine di Jepang, para pasangan di Korea Selatan akan merayakan Valentine pada 14 Februari. Dimana pihak perempuan yang terlebih dahulu memberikan hadiah, nantinya di tanggal 14 Maret para laki-laki yang akan memberikan balasan atas hadiah yang diterima.

Tapi tenang saja, buat kamu yang masih single di Korea ada tradisi bernama Black Day. Pada peringatan ini kamu bisa merayakannya bersama teman yang single juga dan makan mie jajangmyeon.

Amerika Serikat

Sama seperti orang-orang dari negara lain yang merayakan Valentine dengan memberikan bunga, cokelat atau melakukan hal-hal romantis. 

Salah satunya yang sering dilakukan di Amerika Serikat, adalah mengungkapkan rasa sayang atau rasa cinta ke orang terkasih. Baik dengan surat cinta, hadiah, kata-kata secara langsung  dan lain sebagainya. 

Denmark

Di Denmark Valentine juga dirayakan dengan hal-hal yang romantis sobat. Salah satunya adalah para pasangan, akan saling bertukar puisi cinta yang berisi kata-kata manis ke orang terkasih.

Tidak hanya itu, ada juga yang merayakannya dengan saling mengirimi surat yang berisi lelucon tanpa nama pengirim. Nantinya siapa saja yang bisa menebak si Pengirim surat, mereka akan mendapatkan telur permen saat Hari Paskah.

Nah sobat, itu dia beberapa tradisi Valentine yang ada di beberapa Negara. Sebenarnya masih banyak negara-negara lain yang turut serta merayakannya. 

Terlepas dari tradisi-tradisi yang ada, merayakan Valentine tentunya bisa kamu rayakan dengan caramu masing-masing. Karena intinya ialah mengekspresikan rasa sayang kepada orang terkasih.

Rayakan Momen Spesial Jadi Lebih Hemat Bersama Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here