Sumber gambar : freepik/ArtPhoto_studio

Olahraga selain membuat tubuh tetap sehat tetapi juga menyenangkan. Oleh karena itu tidak sedikit yang hobi berolahraga, salah satunya olahraga di gym. Namun, perlu berhati-hati saat menggunakan peralatan gym karena bekas digunakan bersama.

Tidak hanya bakteri, tetapi juga jamur bisa menempel pada peralatan olahraga, ruang ganti, hingga toilet. Berikut beberapa penyakit kulit yang rentan terjadi di tempat gym.

Kadas atau Kurap

Sumber gambar : freepik

Penyakit kulit satu ini pasti tidak asing didengar. Kurap atau sering disebut kadas umumnya menyerang telapak kaki dan kulit kepala. Namun, sebenarnya penyakit ini juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur tinea yang berkembang pada lapisan kulit paling luar.

Jamur ini dapat mudah menempel kulit melalui peralatan olahraga, lantai, kursi, bahkan kontak kulit dengan orang yang terinfeksi. Saat tertular maka jamur ini akan menyebabkan kulit bersisik, kemerahan, dan gatal

Kutu Air

Sumber gambar : freepik/paisan191

Mirip dengan kurap, kutu air juga membuat kulit menjadi merah, bersisik, dan terasa sangat gatal. Tetapi bedanya kutu air terjadi karena infeksi jamur yang tumbuh di daerah kaki. Biasa menyerang melalui lantai, tikar, atau kolam renang yg terkontaminasi jamur. Jika sudah terkena kutu air dan dibiarkan semakin lama, maka dapat membuat kulit mengelupas dan berubah warna menjadi putih.

Panu

Sumber gambar : freepik/phanuwatnandee

Panu merupakan penyakit kulit yg disebabkan pertumbuhan jamur Malassezia pada kulit. Kulit yang berkeringat dan kotor ditambah dengan lingkungan gym yang lembap membuat pertumbuhan jamur semakin meningkat.

Panu akan menimbulkan bercak keputihan dan bersisik pada kulit berbentuk oval yang dapat terjadi di segala bagian tubuh mulai dari dada, punggung, leher, bahkan wajah.

Nah itu dia 3 penyakit yang kerap dialami ketika di tempat gym. Lakukan beberapa hal untuk mencegah banyaknya jumlah jamur pada tubuh dengan menggunakan alas kaki yang bersih selama berolahraga. Selain itu gunakan pakaian olahraga yang baik, yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat.

Sebaiknya sebelum menggunakan peralatan olahraga di tempat gym bisa membersihkannya dengan menyemprotkan desinfektan atau antiseptik. Belanja antiseptik dan desinfektan sesuai dengan kebutuhanmu di Klik Indomaret aja. Selalu ada promo setiap hari dan gratis ongkir.

Belanja desinfektan dan antiseptik di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here