tips cegah nasi basi
sumber gambar: freepik

Siapa yang sering mendengar orang Indonesia kalau belum makan nasi “ya belum makan namanya”. Seperti nya kata-kata ini memang tepat adanya, nasi seolah jadi menu pokok yang wajib ada saat sarapan, makan siang, dan makan malam untuk sebagian orang.

Itu sebabnya, banyak orang yang memilih untuk memasak nasi berlebih agar bisa dimakan untuk seharian full. Tapi apa jadinya jika tiba-tiba memilih makan di luar rumah? Tentu, nasi yang ada seringkali diabaikan dan mudah basi. Untuk itu berikut beberapa tips cegah nasi basi yang bisa kamu coba.

Mencuci Beras Hingga Bersih

tips cegah nasi basi
sumber gambar: freepik

Terlepas dari mencegah nasi tidak mudah basi, membersihkan beras hingga benar-benar bersih menjadi keharusan untuk menghilangkan partikel seperti pasir, biji beras, ataupun kotoran yang menempel pada beras. 

Selain itu beras yang bersih akan membuat nasi yang kamu masak menjadi lebih awet dan pastinya lebih enak untuk dimakan karena bersih dan kotoran yang ada sudah hilang.

Takaran Air yang Tepat

tips cegah nasi basi
sumber gambar: freepik

Penyebab utama nasi mudah basi adalah kelembaban, untuk itu jangan tuangkan air terlalu banyak karena nasi akan menjadi lembek lalu lembab dan mudah basi. Ingat juga saat memasak nasi, gunakan takaran dengan ruas jari untuk menentukan tingkat kematangan nasi.

Segera Aduk Nasi Ketika Matang

tips cegah nasi basi
sumber gambar: freepik/bell_ka_pang

Tidak hanya kelembaban, penyebab selanjutnya nasi mudah basi adalah uap yang ada di dalamnya. Sehingga ketika baru memasak nasi, segera aduk nasi yang sudah matang untuk mengeluarkan uap yang berada di bagian bawah nasi.

Selain itu, alasan lain mengapa kamu harus mengaduk nasi ketika baru matang, adalah agar nasi tidak lengket pada wadah rice cooker dan mudah untuk di ambil.

Pilih Rice Cooker yang Berkualitas

tips cegah nasi basi
sumber gambar: freepik/ilona.shorokhova

Terakhir dan alasan yang penting juga untuk kamu pertimbangkan dalam memilih rice cooker yang berkualitas. Karena beberapa jenis rice cooker mampu menjaga keawetan nasi sehingga masih enak untuk dikonsumsi.

Nah sobat beberapa tips tadi bisa kamu coba untuk mencegah nasi menjadi mudah basi meski ditinggalkan dalam waktu yang lama. Tips mudah lainnya adalah menyimpan nasi yang tersisa di dalam kulkas agar lebih awet. Nantinya nasi tadi bisa di masak menjadi nasi goreng.

Itu dia beberap tips yang bisa kamu coba, kamu punya tips cegah nasi basi? Coba bagikan di kolom komentar ya sobat. Siapa tahu tips yang sobat bagikan bermanfaat untuk orang lain.

promo cicilan Klik Indomaret
Periode berlangsung dari 12 Januari 2021 – 31 Desember 2022

Belanja Alat Elektronik Impian Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here