Sumber gambar : freepik/bilanol

Curah hujan yang tinggi di musim hujan memang tidak lepas dengan bencana banjir. Beberapa daerah yang rawan banjir tentunya harus waspada jika terjadi hujan lebat. Selain merusak infrastruktur, banjir juga menyebabkan gangguan kesehatan hingga kematian.

Oleh karena itu, perlu mempersiapkan berbagai peralatan darurat yang bisa digunakan jika terjadi banjir. Lalu apa saja peralatan yang perlu disiapkan? Ayo simak informasi berikut ini.

Rompi Pelampung

Sumber gambar : freepik/kues1

Ketika terjadi banjir dengan ketinggian sampai dada orang dewasa maka penting untuk memiliki pelampung supaya tidak tenggelam. Pelampung ini akan membantu ketika terjadi banjir dan memerlukan evakuasi.

Power Bank

Sumber gambar : freepik/xb100

Saat terjadi banjir parah maka PLN akan melakukan pemadaman listrik supaya tidak ternyata konsleting atau arus pendek. Untuk mengatasi itu maka kita perlu untuk selalu sedia power bank jika sewaktu-waktu handphone kehabisan baterai. Sobat bisa pilih power bank dengan kabel atau tanpa kabel supaya lebih aman.

Botol Air Minum

Sumber gambar : freepik/user26738526

Air memang sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Maka botol air minum sangatlah penting untuk keadaan darurat saat banjir. Jangan sampai tubuh dehidrasi saat terjebak banjir. Sobat bisa pilih botol minuman berbahan stainless steel supaya bisa menyimpan air hangat lebih lama.

Lampu Darurat

Sumber gambar : freepik/asphotostudio

Lampu darurat penting ketika terjadi pemadaman listrik saat banjir. Lampu ini untuk menjadi sumber penerangan saat malam hari. Selain itu lampu ini juga bisa sebagai isyarat pertolongan saat terjadi keadaan darurat.

Sleeping Bag

Sumber gambar : freepik/alexuhrin95

Ketika terjadi banjir yang cukup parah sehingga perlu untuk evakuasi dan berkumpul di tempat pengungsian maka sleeping bag akan membantu mu untuk tidur. Sleeping bag juga bisa menjaga mu tetap hangat ketika tidur di pengungsian.

Obat-obatan

Sumber gambar : freepik/xb100

Pastikan juga untuk selalu menyediakan obat-obatan untuk keluarga. Siapkan obat seperti obat sakit kepala, obat diare, minyak kayu putih, dan beberapa vitamin. Kemudian simpan obat-obatan tersebut dalam satu wajah supaya lebih mudah dibawa.

Itu dia beberapa peralatan yang wajib ada di rumah sebagai antisipasi saat banjir melanda. Jangan lupa untuk selalu konsumsi dan sedia obat-obatan supaya tidak mudah terjangkit penyakit saat musim hujan. Nah belanja obat-obatan bisa belanja di Klik Indomaret, caranya mudah, pengiriman cepat, dan gratis ongkir tentunya.

Belanja Obat dan Vitamin di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here