Rooster Bowl
sumber gambar: freepik/ardirisma

Rooster Bowl atau mangkok ayam jago pasti tidak asing untuk kamu yang sering makan bakso, mie ayam atau bubur ayam gerobakan yang banyak dijual. Mangkok ayam atau Rooster Bowl ini sangat terkenal dan punya cerita dibalik pembuatannya loh sobat.

Bahkan tepat hari ini 12 September, Google Doodle merayakan desain mangkok bergambar ayam yang didaftarkan oleh pemerintah Thailand tepat sembilan tahun yang lalu. 

Dikutip dari Liputan6.com, pada 2013 silam pemerintah Thailand mendaftarkan desain mangkok ayam jago ini sebagai produk indikasi geografis Lampang. Meski didaftarkan oleh pemerintah Thailand, mangkok ikonik ini berasal dari China.

Popularitas kota Lampang sebagai produsen mangkok ayam jago muncul sejak tahun 1975. Ketika banyak pengusaha yang membuat produksi di daerah tersebut. Mangkok ayam jago ini lah yang menjadi produk terlaris sehingga mampu meningkatkan ekonomi warga setempat.

Mangkok berlogo ayam jago, daun pisang, dan bunga peony memiliki artinya tersendiri. Ayam jago melambangkan kerja keras, sedangkan daun pisang dan bunga peony melambangkan mimpi akan keberuntungan. 

Uniknya, mangkok keramik ikonik ini tidak hanya populer di Negara asalnya. Melainkan di Negara-negara Asia lain tak terkecuali negara kita Indonesia. 

Di Indonesia sendiri, seperti yang dijabarkan sebelumnya mangkok ayam jago ini populer digunakan pada makanan berkuah seperti bakso, mie ayam, bakmi  atau makanan hangat seperti bubur. Hingga saat ini, mangkok bergambar ayam jago masih eksis dan banyak digunakan karena desainnya yang ikonik dan membekas di ingatan banyak orang sobat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here