sunscreen dan sunblock
Sumber gambar : freepik

Sering tertukar antara sunscreen dan sunblock? Ini dia perbedaan sunscreen dan sunblock yang perlu kamu tahu.


Tidak dipungkiri, tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia kita perlu perlindungan ekstra dari sinar matahari. Salah satu caranya adalah menggunakan sunscreen atau sunblock.

Keduanya memiliki kandungan untuk perlindungan dari UV. Namun, meskipun sama tak jarang dari kita yang masih sulit membedakan sunscreen atau sunblock secara detail. 

Karena, walau sekilas terlihat sama, kenyataannya kedua produk ini sangat lah berbeda. Yuk cari tahu pentingnya menggunakan perlindungan UV. 

Serta perbedaan sunscreen dan sunblock wajah untuk perlindungan kulit wajah yang lebih sempurna.

Manfaat Skincare Dengan UV Protection Ciptakan Kulit Sehatmu

Pada umumnya, terdapat dua jenis sinar matahari yang ada di bumi. Yaitu UVA dan UVB, kedua sinar ini tentunya bahaya dan bersifat merusak kulit bahkan hingga ke lapisan terdalam kulit wajah. 

UVA atau Ultraviolet-Aging merupakan sinar yang dapat membuat kulit wajah mengalami penuaan. Tidak hanya itu, dapat juga menimbulkan keriput dan noda hitam pada kulit.

Sedangkan UVB atau Ultraviolet-Burning adalah sinar yang memiliki gelombang lebih kecil dari UVB, namun radiasinya sangat kuat melebihi UVA. 

Sehingga jika terkena sinar UVB dapat menyebabkan kulit mudah terbakar. Baik UVA dan UVB, jika kulitmu terkena radiasi keduanya secara berlebihan, akan meningkatkan kanker kulit. Berbahaya bukan? Itu sebabnya kamu memerlukan sunblock sebagai perlindungan wajah. 

Untuk menjaga kulit tetap sehat, rangkaian skincare dengan UV protection bisa kamu dapatkan dari sunscreen atau sunblock. Contohnya kamu bisa menggunakan Olay Regenerist Whipst UV, UV protection yang juga krim pelembab wajah ini dapat melindungi dari sinar UV.

Karena memiliki sun protection factor sebesar 30 (SPF 30) atau dengan kata lain, dapat melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari selama 300 menit. 

Sesuai namanya, SPF sebutan yang merupakan pelindung matahari untuk memberitahu kamu seberapa besar kekuatan produk tertentu untuk bisa melindungi kulitmu dari teriknya sinar matahari. 

Artinya semakin tinggi, semakin kuat perlindungan yang diberikan. SPF yang lebih tinggi juga dapat memberikan perlindungan lebih baik untuk mengurangi resiko kerusakan kulit salah satunya yang berbahaya seperti kanker kulit.

Penggunaan UV protection atau pelindung matahari, juga membantu melindungi kulitmu dari masalah penuaan. Serta membantu membuat kulit wajahmu tetap awet muda, elastis, menjaga pigmentasi kulit, serta membuat tekstur kulit menjadi lembut. 

Lalu, apa perbedaan sunscreen dan sunblock?

Sunscreen

sunscreen dan sunblock
Sumber gambar : freepik/user24964687

Sunscreen merupakan produk berupa lotion cair yang bertugas sebagai penyaring sinar matahari. Lotion ini akan masuk ke dalam kulit kita dan menyerap radiasi UV yang berusaha masuk, sebelum radiasi UV sampai ke lapisan kulit dan merusak kulit wajah. 

Umumnya sunscreen yang ada sekarang sudah memiliki kandungan untuk menangkal sinar UVA maupun UVB (sama seperti sunblock wajah) yang mana dapat menghindari kulit dari masalah penuaan. Sehingga dapat juga melindungi kulit agar tidak terbakar sinar matahari. 

Tekstur lotion dari sunscreen umumnya ringan dan tipis, sehingga tidak akan terlihat dengan kasat mata ketika sudah diaplikasikan ke kulit wajah. 

Untuk formulanya sunscreen biasanya mengandung Octocrylene, Avobenzone, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T150, dan Uvinul A Plus.

Manfaat dari sunscreen untuk kulit sehatmu ialah dapat menghindari wajah dari paparan sinar matahari secara langsung, melindungi kulit dari kerusakan jangka panjang atau kanker kulit.

Sunscreen yang mengandung UVA protection, mampu mencegah penuaan dini dengan minimal penggunaan SPF 30, mencegah timbulnya komedo dan melindungi kulit agar tidak terbakar sinar matahari.

Sunblock

sunscreen dan sunblock
Sumber gambar : freepik

Beda dari sunscreen, sunblock merupakan produk yang mengandung banyak mineral, seperti zinc oxide dan titanium dioksida. Zinc oxide ini merupakan mineral sintetik yang berfungsi untuk memecah panas dan energi yang ada dalam sinar UV. 

Dengan Zinc oxide, dapat membantu menghalangi masuknya radiasi sinar UV untuk bisa masuk ke lapisan kulit. Zinc oxide juga berfungsi sebagai anti iritasi yang dapat melindungi kulitmu yang sensitif. 

Sedangkan titanium dioksida merupakan mineral alami yang memiliki kemampuan menjaga kestabilan dan reflektif yang maksimal. Ini membuatnya tidak akan terurai saat terkena sinar matahari sehingga bisa melindungi kulit.

Sunblock sendiri memiliki kegunaan untuk menangkal efek buruk dari sinar UVA dan UVB. Semua sunblock pasti memiliki dua kandungan UVA dan UVB protection. Keduanya membantu menghindari kulit terbakar sinar matahari dengan perlindungannya yang ekstra.

Setelah lebih memahami perbedaan antara sunscreen dan sunblock kamu jadi lebih paham kan apa yang kulitmu butuhkan? Di negara dengan iklim tropis seperti ini, penting untuk kamu melindungi kulit dari bahaya sinar UV dengan maksimal. 

sunscreen dan sunblock
Periode promo hingga 6 Juni 2023

Belanja Sunscreen dan Sunblock di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here