bahaya father hunger
Sumber gambar : freepik/KrishnaTedjo

Kurangnya hubungan emosional yang positif dengan ayah membuat anak berpotensi  mengalami father hunger. Apa itu father hunger? Apa bahaya father hunger bagi anak? 


Father hunger merupakan kondisi psikologis yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik anak. Kondisi ini terjadi karena anak kurang memiliki interaksi positif dengan figur ayah. Hal ini jika dibiarkan ternyata dapat berbahaya bagi anak baik secara mental maupun fisik.

Apa Itu Father Hunger

bahaya father hunger
Sumber gambar : freepik/wavebreakmedia

Menurut TheHopeLine, father hunger adalah tekanan emosional yang dialami anak karena minimnya kehadiran ayah dalam kehidupan seorang anak. Kondisi ini biasanya juga dikenal dengan istilah “defisit ayah”. Tidak hanya kurangnya kasih sayang dari ayah kandung tetapi bisa juga terjadi karena kurang interaksi positif dengan ayah angkat.

Penyebab Father Hunger

bahaya father hunger
Sumber gambar : freepik/sewcream

Kondisi father hunger yang dialami anak ternyata tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa penyebab anak mengalami father hunger ini, yaitu;

  1. Ayah meninggal dunia
  2. Perceraian orang tua
  3. Lahir dan tumbuh dari orang tua tunggal
  4. Ayah memiliki perilaku yang buruk, kasar, dan kejam
  5. Pandangan sosial yang membuat ayah tidak terlibat dalam rumah tangga

Meskipun beberapa faktor tersebut tidak dapat dikendalikan seperti kematian ayah. Jika sosok ayah masih hidup ada kemungkinan kondisi ini bisa diperbaiki sehingga hubungan positif ayah dan anak bisa dipulihkan. 

Namun, jika tidak memungkinkan dampak negatif dari father hunger pada anak bisa juga diminimalisir dengan dukungan emosional orang sekitar anak.

Dampak atau Bahaya Father Hunger Pada Anak

bahaya father hunger
Sumber gambar : freepik/mkitina4

Father hunger ternyata memiliki dampak negatif yang  bisa terjadi pada kesehatan mental dan juga fisik anak. Apa saja dampak father hunger pada anak? Baca informasi selengkapnya berikut ini.

  1. Kurang Percaya Diri

Anak yang mengalami father hunger akan mudah merasa kurang percaya diri. Bahkan beberapa diantaranya merasa tidak ‘aman’ baik secara fisik maupun emosional. Kondisi ini pula yang membuat anak tumbuh sering meragukan bahkan benci pada diri sendiri.

  1. Masalah Perilaku

Tumbuh tanpa sosok ayah membuat anak cenderung sulit berinteraksi sosial dengan baik. Beberapa anak rentan mengalami masalah perilaku seperti menjadi tukang bully untuk menyamarkan rasa takut, cemas, atau tidak bahagia dalam dirinya. 

  1. Kesehatan Mental Terganggu

Minimnya perhatian ayah juga berisiko menumbuhkan masalah kesehatan mental pada diri anak terutama masalah kecemasan, depresi bahkan hingga menimbulkan keinginan bunuh diri. 

  1. Kenakalan Remaja dan Pergaulan Bebas

Salah satu faktor pendorong kenakalan remaja yaitu father hunger. Masalah perilaku akibat kurangnya kasih sayang ayah ini jika dibiarkan berlarut-larut maka dapat mendorong anak untuk melakukan hubungan seks sebelum waktunya, hingga kecanduan pada hal yang tidak sehat seperti rokok, alkohol, dan narkoba.

  1. Psikosomatis 

Father hunger ternyata juga bisa menyebabkan gejala psikosomatis pada anak. Gejala ini seperti sering nyeri, sesak napas, sakit perut, dan sakit kepala. 

Mengingat banyaknya dampak akibat father hunger yang dapat mengganggu kesehatan mental dan fisik anak yang berkepanjangan. Maka ada baiknya setiap orang tua melakukan antisipasi untuk mencegah father hunger ini. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Father Hunger Pada Anak

Selain penuhi kasih sayang pada anak jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak untuk dukung tumbuh kembang anak. Belanja kebutuhan nutrisi dan gizi untuk anak dari rumah #TinggalKLiK di Klik Indomaret aja. Produknya lengkap, banyak diskonnya, dan gratis ongkir pula.

bahaya father hunger
Periode promo hingga 11 April 2023

Belanja Kebutuhan Nutrisi Anak di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here