Cara Mengatasi Father Hunger
Sumber gambar : freepik/odua

Kondisi emosional yang disebut father hunger ini muncul ketika seseorang tidak memiliki figur ayah yang kuat dan positif dalam hidupnya. Lantas bagaimana cara mengatasi father hunger?


Kurangnya interaksi dan kasih sayang dari sosok ayah dalam diri anak menjadi salah satu penyebab father hunger pada anak. Akibatnya anak akan merasa kurang percaya diri, insecure, dan selalu murung. Bahkan tidak jarang ada anak yang tumbuh menjadi orang dewasa dengan perilaku yang negatif.

Hal ini muncul dikarenakan hilangnya sosok figur ayah dalam hidup anak, sehingga ia mencari orang lain untuk dijadikan figur ayahnya. Namun, apa jadinya jika orang yang difigurkan adalah orang yang negatif. Bukan tidak mungkin, anak akan tumbuh jadi sosok yang serupa.

Menurut TheHopeLine, tidak jarang juga ketika anak perempuan yang mengalami father hunger terjerumus pada seks bebas karena salah memfigurkan sosok ayah pada orang yang tidak baik.

Baca Juga : Peran Penting Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak

Nah lantas bagaimana cara mengatasi father hunger ini supaya tidak berkelanjutan bagi anak. Berikut beberapa cara mengatasi father hunger bagi anak yang bisa Sobat coba terapkan.

1. Hadir dalam Kehidupan Anak

Cara Mengatasi Father Hunger
Sumber gambar : freepik/Sorapop

Sosok ayah baiknya hadir dalam kehidupan anak. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti terlibat dalam perawatan dan pengasuhan anak. Jangan gengsi untuk ambil bagian dalam mengganti popok, menyuapi, bermain, dan menidurkan anak.

Selain itu, jika anak sudah sekolah, ayah dapat hadir dalam acara di sekolah, mengajar anak bermain, membantu anak mengerjakan soal, dan aktivitas bersama lainnya. Aktivitas ini dapat membangun ikatan emosional ayah dan anak sejak dini.

2. Tingkatkan Hubungan

Cara Mengatasi Father Hunger
Sumber gambar : freepik/odua

Tidak hanya hadir dalam kehidupan anak, ayah juga harus meningkatkan hubungan dengan anak. Ayah bisa bangun kedekatan khusus dengan membuat jadwal hari ayah dan anak setidaknya sehari dalam seminggu.

Pilih aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama seperti makan bareng, main bareng, atau nonton bareng. Momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk Ibu beristirahat sejenak untuk mengasuh anak.

Hal yang tidak kalah penting, yaitu luangkan waktu sekitar lima menit setiap harinya untuk memberitahu anak bahwa Ayah menyayanginya dan berikan pelukan hangat.

3. Sediakan Sosok Pengganti Ayah

Cara Mengatasi Father Hunger
Sumber gambar : freepik/tirachardz

Ketika tidak ada figur sosok ayah dalam kehidupan anak, maka hadirkan sosok ayah pengganti yang positif bagi anak. Sosok ini bisa dilakukan oleh kakek, paman, atau pembimbing yang baik untuk membantu anak mengembangkan hubungan positif dengan orang dewasa.

4. Buat Lingkungan Yang Aman dan Nyaman

Cara Mengatasi Father Hunger
Sumber gambar : freepik/our-team

Kondisi anak yang mengalami father hunger maka akan merasa kesepian dan cemas. Oleh karena itu ciptakan lingkungan yang membuat anak merasa aman dan nyaman untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Lingkungan yang stabil dan nyaman ini dapat mengurangi perasaan kesepian dan kecemasan pada anak.

5. Bantuan Profesional

Cara Mengatasi Father Hunger
Sumber gambar : freepik/Queenmoonlite Studio

Untuk beberapa kasus father hunger memerlukan bantuan profesional dari seorang psikolog atau terapis. Mereka dapat membantu anak mengatasi masalah mental dan sosial yang muncul akibat father hunger.

Itu dia beberapa cara mengatasi father hunger pada anak yang bisa diterapkan. Namun, perlu diingat bahwa setiap anak-anak lahir dengan berbagai keunikan masing-masing. Jadi dibutuhkan pendekatan dan pengenalan secara individual pada anak untuk menentukan solusi yang tepat.

Nah, belanja produk mainan anak bisa dari rumah loh, #TinggalKLiK di Klik Indomaret. Cukup dengan satu aplikasi bisa beli mainan anak, dan kebutuhan lainnya. Produknya lengkap, banyak diskon, dan gratis ongkir pula. Jadi tunggu apa lagi, yuk download Klik Indomaret sekarang.

Belanja Mainan dan Kebutuhan Anak di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here