Young handsome man in leather jacket riding on motorbike at countryside road.

Kaca spion menjadi salah satu komponen kendaraan bermotor yang memiliki peranan penting. Kaca spion digunakan untuk melihat kondisi di sekitar. Kehadiran spion pada sepeda motor dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan dan hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Keselamatan merupakan perhatian utama saat kita mengendarai sepeda motor. Jika Sobat ingin sampai di tempat tujuan dengan selamat, maka Sobat harus memastikan keamanan sepeda motor dan membiasakan diri untuk berhati-hati saat berkendara.

Sayangnya, masih banyak orang di luar sana yang mengabaikan keselamatan saat berkendara hingga membahayakan orang lain di sekitarnya. Jika Sobat juga pengguna sepeda motor, maka sebaiknya pastikan untuk selalu berhati-hati saat berkendara. Jangan melakukan kesalahan dan kebiasaan buruk yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan orang saat mengemudi sepeda motor:

1. Tidak Mengecek Kondisi Kendaraan

Sumber gambar : freepik/pressfoto

Tidak mengecek kendaraan saat sedang bepergian merupakan kesalahan yang tidak boleh Sobat lakukan. Pastikan sepeda motor Sobat dalam kondisi prima agar tidak membahayakan keselamatan Sobat saat berkendara. Cek kondisi ban, rem, spion motor, bensin, dan lain sebagainya. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan aman.

2. Tidak Memakai Alat Keselamatan Diri

Sumber gambar : freepik/karlyukav

Ini adalah kesalahan paling umum yang dilakukan pengendara sepeda motor saat berkendara di jalan raya. Banyak yang tidak memakai alat keselamatan diri seperti helm, jaket, dan sarung tangan. Terutama helm, banyak orang berkendara dengan percaya diri tanpa menggunakan helm. Buang jauh-jauh kebiasaan ini karena bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

3. Berkendara Sesuka Hati

Sumber gambar : freepik/everyonephoto

Mengemudi sesuka hati tanpa memperhatikan batas kecepatan kendaraan adalah kesalahan besar. Pastikan Sobat bepergian dengan batas kecepatan normal. Bahkan dalam situasi terburu-buru, keselamatan harus selalu didahulukan. Tetap mengemudi dengan aman pada batas kecepatan yang wajar.

4. Tidak Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

Tidak menaati peraturan lalu lintas juga merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Aturan lalu lintas ada untuk dipatuhi, bukan dilanggar. Mematuhi peraturan lalu lintas juga akan mempengaruhi keselamatan diri sendiri dan orang lain di sekitar Sobat.

Itulah empat jenis kesalahan yang biasa dilakukan pengendara sepeda motor. Bagi Sobat pengendara motor ada baiknya untuk mengecek kelengkapan motor sebelum berkendara. Jika ada bagian yang rusak segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki. Jangan lupa juga selalu jaga kebersihan kendaraan Sobat supaya tetap bersih dan kinclong.

Ayo Belanja di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here