hari jantung sedunia
sumber gambar: freepik

Setiap tahunnya tepat tanggal 29 September diperingati sebagai World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia. Seperti yang kita ketahui, jantung merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang perlu kita jaga dan rawat kesehatannya sebaik mungkin.

Mengapa kesehatan jantung perlu dirawat sebaik mungkin? Melalui halaman website tahun 2017 p2ptm.kemkes.go.id penyakit kardiovaskuler yakni penyakit jantung dan stroke telah memakan banyak korban sebanyak 17,3 juta jiwa.

Kedua penyakit di atas, masih menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Itu sebabnya, setiap masyarakat perlu berperan aktif untuk mencegah dan menghindari angka kematian dari penyakit ini.

Itu sebabnya pada peringatan Hari Jantung Sedunia kita diingatkan untuk terus dan sadar akan menjaga kesehatan jantung sebaik mungkin dengan berbagai cara yang dianjurkan.

Salah satunya saja slogan yang diterapkan Kementerian Kesehatan Indonesia, yaitu menerapkan gaya hidup CERDIK yang jika dipanjangkan adalah: 

Cek Kesehatan Secara Rutin

Enyahkan Asap Rokok

Rajin Aktivitas Fisik

Diet Seimbang

Istirahat Cukup

Kelola Stress

Itu sebabnya cek kardiovaskular untuk kesehatan jantung secara berkala juga diperlukan untuk mengetahui kesehatan jantung. Tingginya akan kematian akibat penyakit jantung di Indonesia, membuat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) terus menggiatkan pencegahan dini penyakit jantung, melalui sosialisasi dan diseminasi di berbagai media cetak.

Tidak hanya sebagai pengingat bagi kita, peringatan Hari Jantung Sedunia juga bisa jadi awal mula bagi kamu yang masih belum awam dengan kesehatan jantung dan belum menyadari betapa pentingnya untuk menjaga kesehatan jantung mu.

Selamat Hari Jantung Sedunia, mari jaga jantung agar tetap sehat dengan menerapkan pola hidup sehat untuk keberlangsungan hidup kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here