apa itu purging
sumber gambar: freepik

Purging atau breakout karena skincare yang kurang cocok? Yuk cari tahu apa itu purging dan ciri-cirinya. Ini penjelasan selengkapnya.


Saat mencoba sebuah produk skincare tentu kamu ingin mendapatkan hasil kulit yang maksimal, bukan? Namun sebaliknya, bisa saja malah muncul masalah kulit seperti jerawat setelah menggunakan produk skincare.

Hal itu mungkin membuat kamu berpikir bahwa produk skincare tersebut tidak cocok untuk kulitmu. Tapi, bisa jadi hal ini disebabkan oleh purging, bukan karena breakout. Mungkin tidak sedikit orang yang mengira purging adalah breakout.

Memangnya, apa sih perbedaan purging dan tidak cocok produk skincare (breakout)? Serta bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Purging?

Purging adalah reaksi awal pemakaian produk skincare, meski sekilas tampak sama namun purging dan breakout merupakan kondisi wajah yang berbeda. 

Bedanya adalah jerawat breakout merupakan reaksi kulit yang diakibatkan karena ketidakcocokan kulit terhadap sebuah produk skincare, karena pemakaiannya malah menimbulkan iritasi dan peradangan kulit.

Sementara itu, purging adalah reaksi awal pemakaian skincare baru. Hal ini dikarenakan kulit membutuhkan penyesuaian terhadap sebuah produk kecantikan, termasuk produk skincare. Tidak hanya itu, istilah purging juga sering digunakan untuk menyebut proses pembersihan kulit atau regenerasi.

Umumnya, jerawat purging muncul di bagian kulit yang pernah terdapat jerawat sebelumnya. Tapi beda, jerawat purging dan jerawat biasa adalah jerawat purging jauh lebih cepat menghilang dibandingkan dengan breakout.

apa itu purging
Temukan produk L’Oreal Paris di Klik Indomaret

Sedangkan jerawat karena skincare yang tidak cocok atau breakout bisa berlangsung hingga beberapa bulan. Ini berbeda dengan purging, durasi kulit mengalami purging adalah sekitar 4 – 6 minggu pada awal pemakaian produk skincare baru.

Mungkin sebagian besar dari kalian bertanya-tanya, apa yang menyebabkan kulit mengalami purging ketika memakai produk skincare baru? Menurut penjelasan ahli kulit, purging adalah proses pembersihan atau detoksifikasi kulit yang didorong karena pemakaian produk skincare dengan kandungan bahan aktif tertentu.

Hal itulah yang membuat proses regenerasi sel-sel kulit berlangsung lebih cepat dari normal. Proses pembersihan ini berlangsung sampai ke pori-pori, sehingga memaksa minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan kotoran di dalamnya untuk keluar ke permukaan kulit.

Inilah yang membuat munculnya komedo dan jerawat meradang di permukaan kulit. Produk skincare yang memiliki kandungan retinol dengan persentase tinggi, paling potensial membuat kulit mengalami purging

Terdapat beberapa ciri khas saat kulit mengalami purging saat pemakaian awal sebuah produk skincare. Contoh ciri khas wajah mengalami purging adalah ketika muncul beberapa gejala berikut ini.

1. Kulit Terasa Gatal

apa itu purging
sumber gambar: freepik/Kmpzzz

Saat mengalami purging, kulit wajah biasanya menjadi kemerahan dan muncul rasa gatal. Hal ini dapat terjadi, karena kulit tengah melakukan proses pembersihan guna mengeluarkan sisa racun yang masih menempel di kulit wajah.

Kamu tidak perlu khawatir jika mengalami gejala ini, sebab umumnya rasa gatal dan kemerahan tidak akan berlangsung lama.

2. Muncul Jerawat

apa itu purging
sumber gambar: freepik/steklo

Bentuk lainnya dari purging juga bisa berupa jerawat, baik berupa jerawat tak meradang yaitu komedo hitam dan komedo putih sampai jerawat yang meradang berupa papula dan pustula.

Biasanya saat terjadi purging, jerawat hanya akan muncul di area wajah yang sering timbul jerawat saja. Setelah jerawat ini muncul selama beberapa minggu, kamu akan mendapati kulit menjadi lebih bersih dan cerah.

3. Adanya Kulit Bersisik dan Mengelupas

apa itu purging
sumber gambar: freepik

Dalam beberapa kasus, purging juga bisa menyebabkan kulit menjadi bersisik lalu mengelupas. Kondisi ini dapat terjadi karena pemakaian produk membuat regenerasi sel-sel kulit berlangsung sangat cepat sampai seperti sedang mengalami peeling.

Karena kadarnya tergolong rendah sehingga masih aman digunakan saat kulit purging. Lagipula, seluruh rangkaian produk L’Oreal Paris Glycolic Bright telah teruji secara dermatologis dan teruji secara klinis sehingga sesuai untuk kulit sensitif. 

Ada rangkaian  L’Oreal Paris Glycolic Bright yaitu L’Oreal Paris Glycolic Bright Peeling Toner. Toner ini diformulasikan dengan 5% glycolic acid yang aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan rentan berjerawat. 

Kemampuannya membersihkan dan mengangkat sel kulit mati dengan lembut dan membantu proses regenerasi kulit, untuk memberikan hasil kulit yang tampak halus dan bercahaya dalam 30 detik.

Aplikasikan toner ini di wajah yang sudah dibersihkan pada malam hari. Walau bisa digunakan setiap hari, tetapi saat kulit mengalami purging, kamu bisa memakainya dua hari sekali dulu untuk meminimalkan potensi iritasi. Jika tidak terjadi masalah, bisa ditingkatkan pemakaiannya menjadi setiap malam.

Nah sekarang sudah tahu kan apa itu purging? Sudah saatnya rawat kulitmu, memakai L’Oreal Paris Glycolic Bright Peeling saat kulit sedang purging. Temukan rangkaian produk L’Oreal untuk kulit cantik di Klik Indomaret.

apa itu purging
Periode promo berlangsung dari 01 – 15 Agustus 2023

Belanja Rangkaian Produk L’Oreal Paris Di Sini

Sumber informasi: loreal-paris.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here