sering buang air kecil saat hamil
Sumber gambar : freepik/voraorn

Bunda punya masalah buang air kecil yang terlalu sering ketika hamil? Jangan khawatir itu merupakan hal yang normal terjadi di masa kehamilan. Frekuensi buang air kecil ketika masa kehamilan dapat berbeda-beda sesuai dengan usia kehamilan. Namun, permasalahan ini lebih sering terjadi pada usia kehamilan tua atau menjelang persalinan.

Meskipun normal, Bunda dapat mengurangi dan mencegah keluhan ini dengan beberapa tips berikut :

Jangan Minum Air Putih Menjelang Tidur

sering buang air kecil saat hamil
Sumber gambar : freepik/shurkin_son

Bunda sering merasa terganggu karena terbangun di malam hari untuk buang air kecil ? Bunda bisa mengurangi minum air putih atau konsumsi cairan sekitar 1 atau 2 jam sebelum tidur. Namun, pastikan asupan air dalam sehari (8-12 gelas) sudah terpenuhi di siang hari. Hal ini bertujuan supaya bunda terhindar dari risiko dehidrasi.

Hindari Minum Minuman Berkafein

sering buang air kecil saat hamil
Sumber gambar : freepik

Kandungan kafein pada bisa merangsang tubuh untuk lebih sering buang air kecil. Oleh karena itu, Bunda harus hindari minuman seperti kopi, teh, dan minuman lainnya.

Kurangi Stress

Stress pada masa kehamilan ternyata dapat mempengaruhi kesehatan Ibu dan janin. Salah satunya  frekuensi buang air kecil yang terlalu sering dikarenakan banyaknya pikiran, cemas, atau stress. Jika Bunda merasa cemas atau stress dapat melakukan relaksasi dengan berolahraga ringin seperti yoga ibu hamil, senam hamil, dan lainnya.

Senam Kegel Ibu Hamil

sering buang air kecil saat hamil
Sumber gambar : freepik/sosiukin

Kebiasaan menahan buang air kecil ternyata dapat melemahkan otot dasar panggul sehingga membuat sering buang air kecil. Tapi tenang, Bunda dapat melakukan senam kegel untuk mengencangkan otot panggul bawah, termasuk otot yang menyokong rahim, kantong kemih, dan usus besar. Bunda dapat melakukan senam kegel yang disaran untuk Ibu hamil supaya lebih aman untuk Ibu dan janin.

Keluhan terlalu sering buang air kecil pada masa kehamilan merupakan hal normal dan akan hilang setelah melahirkan. Namun, pada kasus tertentu dapat disebabkan karena adanya infeksi saluran kemih. Ada baiknya ketika Bunda mengalami keluhan sering buang air kecil konsultasikan dokter supaya tidak salah dalam mengambil keputusan.

Selalu dukung masa kehamilan dengan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang janin. Jangan lupa belanja produk susu dan perlengkapan Ibu dan Bayi di Klik Indomaret.

sering buang air kecil saat hamil
Periode promo hingga 15 Agustus 2022

Belanja Perlengkapan Ibu dan Bayi di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here