kambing kurban
Sumber gambar : freepik

Siapa tidak tahu kambing dan domba? Hewan ternak yang selalu laris ketika menjelang Hari Raya Idul Adha. Hewan ini memang popular sebagai hewan kurban sehingga tidak heran jika penjualannya melejit bahkan tidak jarang dijual dipinggir jalan.

Kambing dan domba jika dilihat secara sekilas memang terlihat sama tetapi tahukah sobat bahwa kambing dan domba ternyata berbeda. Masih banyak orang yang suka tertukar antara kambing dan domba. Nah, ayo simak perbedaan kambing dan domba berikut ini.

Bentuk Fisik

kambing kurban
Sumber gambar : freepik/wirestock

Cara yang paling mudah yaitu dengan melihat bentuk fisik secara teliti. Perhatikan rambut/bulu pada kambing cenderung pendek sedangkan domba lebih tebal seperti wool.

Selain rambut, lihat juga dari ekornya. Pada umumnya ekor kambing selalu tegak keatas, sedangkan ekor domba menggantung ke bawah.

Kemudian tanduk yang dimiliki kambing dan domba pun berbeda. Kambing memiliki tanduk yang mengarah ke atas atau ke samping sedangkan tanduk domba melengkung, itu juga tidak semua domba memiliki tanduk.

Cara Mencari Makan

kambing kurban
Sumber gambar : freepik/Linas T

Kambing dan domba yang dipelihara dalam kandang tentu tidak memiliki banyak perbedaan dalam mencari makan. Namun, jika dilihat di alam liar, kambing dan domba memiliki caranya masing-masing dalam mencari makan.

Kambing mencari makan dedaunan di pohon sehingga tidak heran jika kambing pandai memanjat. Sedangkan domba lebih memilih mencari untuk memakan rumput liar.

Kebiasaan Kawanan

kambing kurban
Sumber gambar : freepik/wirestock

Kambing memiliki kebiasaan hidup yang lebih aktif dan mandiri. Oleh karena itu kambing lebih memilih berpencar ketika digembalakan. Berbeda dengan domba yang lebih suka bergerombol bersama kawanannya sehingga lebih mudah dipelihara dalam pagar.

Bau Prengus

kambing kurban
Sumber gambar : freepik/anatoliy_gleb

Perbedaan selanjutnya yaitu dari bau. Bau kambing ternyata lebih menyengat atau prengus. Aroma prengus atau goaty smell ini disebabkan oleh kelenjar pheromone yang ada di kepala kambing jantan untuk menstimulasi ovulasi pada kambing betina.

Sedangkan pada domba tidak memiliki kelenjar pheromone sehingga domba tidak memiliki bau prengus layaknya kambing.

Nah itu tadi beberapa perbedaan kambing dan domba yang perlu sobat tahu. Jangan lupa bagikan informasi ini ke keluarga, kerabat, dan teman supaya tidak salah memilih kambing atau domba sebagai hewan kurban ya. Beli hewan kurban kini tidak perlu keluar rumah loh. Langsung aja kunjungi Klik Indomaret aja.

kambing kurban
Periode promo hingga 11 Juli 2022

Beli hewan kurban mudah, hemat, dan aman di Klik Indomaret.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here