bedanya hotel dan hostel
sumber gambar: freepik/kitzcorner

Sering tidak kalian mendengar ada orang yang mengucapkan “ayo menginap di hostel”?. Nah jangan buru-buru mengira hal Itu berarti typo atau kelebihan s dari kata hotel ya sobat. Karena memang ada perbedaan antara hostel dan juga hotel.

Hayo baru tahu kan? Atau kalian sudah tahu sebelumnya? Buat kamu yang belum tahu jangan khawatir. Ini dia penjelasan bedanya hotel dan hostel supaya kamu tidak salah pilih saat mencari akomodasi tempat tinggal ketika travelling.

Bedanya Hotel dan Hostel

Pertama-tama ada hostel, buat kamu yang belum tahu hostel adalah tempat menginap yang fasilitas basic yang hampir mirip dengan hotel. Beberapa diantaranya seperti tempat tidur, toilet, ruang makan, ruang bersantai, dan sebagainya.

Yang membedakan adalah fasilitas-fasilitas hostel tadi dipakai secara bersama dengan tamu lain. Tidak heran, jika kebanyakan hostel menggunakan furniture yang bisa digunakan bersama contohnya seperti kasur bertingkat yang bisa dipakai bersama-sama

Sejarah dari hostel sendiri, dilansir dari halaman website rumah.com bermula pada tahun 1909 ketika Richard Shirrmann yang merupakan seorang guru berasal dari Jerman. Ia menyadari bahwa membutuhkan penginapan dengan harga yang terjangkau untuk murid-muridnya selama berlibur sekolah.

Dari kejadian saat terjebak badai bersama murid-murid inilah tercetus ide untuk mengubah sekolah-sekolah di Jerman untuk menjadi penginapan selama liburan sekolah. Pada tahun 1912, ia membuka hostel pertama terletak di kastil Altena Jerman.

Baca Juga: Staycation? Persiapkan Dulu Hal Berikut Ini

Dari segi harga hostel memiliki harga yang relatif lebih terjangkau atau lebih murah, dibandingkan dengan hotel. Karena fasilitas yang disediakan bersifat sharing, tipikal hostel ini sangat cocok untuk kamu yang bepergian bersama group atau backpacker yang ingin travelling dengan budget yang minim.

Selanjutnya tentu ada yang namanya hotel, kalau kata yang satu ini pasti familiar dan sering kita gunakan untuk menyebut tempat menginap. Hotel memiliki fasilitas seperti tempat tidur pribadi, toilet, hiburan seperti televisi, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

Perbedaan dari hotel dan hostel jelas terlihat, dari fasilitas yang bisa kamu gunakan secara pribadi saat di hotel. Hal ini yang membuat kenyamanan dan privasi yang didapat di hotel, tentu lebih unggul dibandingkan dengan hostel.

Dikarenakan kenyamanan dan privasi yang lebih didapatkan, di segi harga hotel memiliki harga yang relatif lebih mahal ketimbang hostel. Apalagi jika kamu menginap, di hotel dengan fasilitas oke lainnya seperti kolam renang, lahan parkir memadai, gym, area makan, area bermain anak, dan lainnya.

Jadi sobat, lebih pilih hotel atau hostel ketika travelling? Keduanya sama-sama memiliki keuntungannya masing-masing jadi pilihan ada di kamu. Untuk memilih akomodasi penginapan yang tepat ketika bepergian di dalam kota maupun luar kota.

Travelling Mudah dan Praktis, Pesan Tiket Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here