tumbuhkan rasa cinta tanah air
sumber gambar: freepik/arvstd

Mengajarkan nilai-nilai kebaikan pada anak tidak hanya berupa kebaikan secara umum saja sobat. Kita juga bisa menanamkan nilai kebaikan berupa rasa cinta tanah air pada anak agar mereka mengerti arti dari berbakti pada bangsa dan negara.

Itu sebabnya, memperingati bulan Agustus yang sebentar lagi kita merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77 berikut beberapa cara untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak.

Mencontohkan Pada Anak

Umumnya anak-anak punya kecenderungan untuk meniru perbuatan yang dilakukan oleh orang tua atau orang dewasa di sekitar mereka. Itu mengapa, mencontohkan rasa cinta tanah air pada anak bisa jadi langkah yang tepat.

Contohnya saja seperti berpartisipasi dalam kerja bakti, acara Kemerdekaan, menjaga keindahan alam atau melestarikan budaya yang ada, dan lain sebagainya.

Tunjukan Melalui Berbagai Media

Menumbuhkan rasa cinta tanah air tidak hanya bisa dijelaskan secara lisan, sebagai orang tua kamu juga bisa menjelaskan melalui berbagai media. Contohnya seperti buku-buku sejarah, acara televisi, film yang sesuai dengan usia anak dan pergi ke museum yang memuat sejarah.

Taat Pada Peraturan dan Kewajiban

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta pada tanah air pada anak, adalah mengajarkan sikap taat pada peraturan dan kewajiban sebagai warga Negara yang baik. Misalnya saja menaati peraturan berlalu lintas, tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak fasilitas umum, membayar pajak dan lain sebagainya.

Membantu Melestarikan Produk Lokal

Membantu melestarikan produk buatan lokal juga merupakan cara menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak. Dengan membeli dan mengenakan produk lokal, kamu sudah cukup membantu UMKM lokal untuk terus tumbuh dan berkembang.

Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Indonesia

Terakhir namun cara yang menyenangkan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak adalah dengan cara menikmati keindahan alam dan budaya Indonesia. 

Itu dia beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak. Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya tugas kita untuk mengajarkan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air pada generasi selanjutnya.

promo Wyeth Nutrition
Periode promo berlangsung dari 15 Agustus – 17 Agustus 2022
Dapatkan Promonya Sekarang Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here