cara memilih buah matang
Sumber gambar : freepik/branin

Jangan sampai salah pilih saat beli buah. Ini cara praktis memilih buah yang matang dan segar, ibu-ibu wajib tahu.


Membeli buah yang matang merupakan langkah penting untuk memastikan kualitas dan kelezatan buah sebelum dikonsumsi. Namun, terkadang memilih buah yang matang dan segar menjadi tugas yang menantang. Karena ada beberapa buah yang sulit untuk dicek kematangannya dari luar.

Nah ini beberapa cara praktis untuk membantumu memilih buah yang matang, segar, dan berkualitas tinggi. Cukup ikuti panduan berikut ini.

1. Perhatikan Warna dan Tekstur

cara memilih buah matang
Sumber gambar : freepik/Dragana_Gordic

Warna dan tekstur adalah indikator penting dalam memilih buah yang matang. Buah yang matang biasanya memiliki warna yang cerah dan merata, sedangkan buah yang belum matang cenderung memiliki warna yang pucat atau terlalu hijau. Sentuh permukaan buah dengan lembut untuk merasakan teksturnya. Hindari buah yang terlalu lembut atau berbintik-bintik, karena ini bisa menjadi tanda bahwa buah sudah melewati tahap kematangan yang ideal.

Baca Juga : Buah dan Sayur Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

2. Bau Aroma yang Menyengat

cara memilih buah matang
Sumber gambar : freepik/pvproductions

Bau salah satu ciri dalam menentukan kematangan buah. Beberapa buah, seperti mangga dan stroberi, memiliki aroma yang khas ketika matang. Ciumlah buah dengan lembut untuk mencium aromanya. Jika buah memiliki aroma yang segar dan khas tandanya buah tersebut matang dan siap untuk dikonsumsi. Hindari buah yang tidak memiliki aroma atau memiliki aroma yang tidak sedap.

3. Konsistensi dan Kekencangan

cara memilih buah matang
Sumber gambar : freepik/jcomp

Sentuh buah dengan lembut dan perhatikan apakah ada kekencangan atau kepadatan yang merata. Buah yang matang harus memberikan perasaan sedikit elastis saat ditekan, tidak terlalu keras atau terlalu lembek. Jika buah terasa terlalu keras, itu mungkin belum matang sepenuhnya, sementara jika terasa terlalu lembek, buah tersebut mungkin sudah melewati titik kematangan atau sudah busuk.

4. Tangkai Buah

cara memilih buah matang
Sumber gambar : freepik/saelim

Perhatikan tangkai pada buah yang ingin beli. Tangkai yang matang biasanya terlihat kering, mudah lepas, dan tidak mengeluarkan getah. Jika tangkai terlihat hijau, segar, atau sulit untuk dilepas, kemungkinan buah tersebut belum matang sepenuhnya. Sebaliknya, tangkai yang terlalu kering, layu, atau rusak bisa menjadi tanda buah yang terlalu matang hingga busuk.

Baca Juga : Buah dan Sayur untuk Kulit Sehat dan Bersinar

5. Kualitas dan Kondisi Kulit

cara memilih buah matang
Sumber gambar : freepik

Periksa kulit buah dengan cermat. Hindari buah yang memiliki goresan, luka, atau tanda-tanda kerusakan lainnya. Buah yang matang dan berkualitas akan memiliki kulit yang mulus, utuh, dan bebas dari cacat. Perhatikan apakah ada tanda-tanda busuk atau jamur pada kulit buah, karena ini dapat menunjukkan bahwa buah tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.

6. Perhatikan Waktu Panen

cara memilih buah matang
Sumber gambar : freepik

Mengetahui batas waktu panen buah yang akan dipilih. Beberapa buah, seperti jeruk dan nanas, tidak akan matang setelah dipetik. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui apakah buah tersebut harus dipetik saat matang atau bisa matang setelah dipetik. Jika buah tersebut perlu dipetik saat matang, carilah tanda-tanda kematangan yang telah disebutkan di atas.

7. Bertanya Pada Penjual

cara memilih buah matang
Sumber gambar : freepik/rawpixel.com

Cara terakhir yang bisa dilakukan yaitu belajar dari pengalaman dan tanyakan kepada penjual tentang buah yang akan dibeli. Mereka biasanya memiliki pengetahuan yang cukup mengenai kematangan buah-buahan yang dijual. Jika kamu memiliki keraguan jangan ragu untuk mencoba buah dalam jumlah kecil terlebih dahulu sebelum membeli dalam jumlah banyak.

Memilih buah yang matang dan berkualitas adalah keterampilan penting yang dapat membantumu menikmati buah yang sehat dan lezat. Ingatlah untuk mengandalkan indra penciuman, penglihatan, dan perabaan ketika memilih buah.

Kini belanja buah sehat dan segar tidak perlu repot karena ada Klik Indomaret. Belanja berbagai macam buah dan sayur segar cukup dengan satu aplikasi saja. Nah, pas banget lagi ada diskon potongan harga Rp 20.000 untuk setiap pembeliaan buah dan sayur. Jadi tunggu apalagi, ayo belanja buah dan sayur di Klik Indomaret sekarang.

cara memilih buah matang
Periode promo hingga 30 Juni 2023

Belanja Buah dan Sayur Segar di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here