6 Hewan Peliharaan yang Bisa Jadi Teman Si Kecil Di Rumah
Sumber : freepik

Bunda, si kecil merengek ingin pelihara hewan? Tidak jarang banyak orang tua yang menolak permintaan ini dengan alasan untuk kesehatan si kecil. Oleh karena itu Bunda harus lebih hati-hati dalam memilih hewan peliharaan di rumah loh.

Nah ternyata memelihara hewan peliharaan di rumah punya banyak manfaat bagi pertumbuhan anak. Manfaatnya seperti mengajarkan anak untuk mencintai makhluk hidup lain, mengajarkan tanggung jawab, menjadi teman anak dan lain sebagainya. 

Beberapa hewan ini bisa jadi pertimbangan Ayah atau Bunda ketika ingin merawat hewan peliharaan bersama anak di rumah.

Kelinci

6 Hewan Peliharaan yang Bisa Jadi Teman Si Kecil Di Rumah
Sumber : freepik/gpointstudio

Hewan lucu yang satu ini bisa jadi pilihan pertama bagi orang tua yang memberikan hewan peliharaan pada anak. Kelinci memiliki cara perawatan yang terbilang tidak terlalu sulit bagi pemula. Selain itu kelinci tidak mengeluarkan suara yang berisik sehingga tidak mengganggu tidur anak.

Meskipun terlihat lucu, kelinci tidak mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga bisa saja menggigit ketika baru-baru datang. Tidak hanya itu, kelinci juga mudah stres yang dapat berpotensi pada kematian.

Itu sebabnya sebagai orang tua kita perlu mengajarkan cara merawat kelinci dan memberi pengertian pada anak dalam memperlakukan hewan peliharaan. 

Ikan

6 Hewan Peliharaan yang Bisa Jadi Teman Si Kecil Di Rumah
Sumber : freepik/fluky

Siapa disini yang hobi memelihara ikan hias? Ternyata ikan hias bisa juga menjadi salah satu pilihan untuk jadi pertimbangan orang tua saat akan memelihara hewan peliharaan. Cara perawatannya yang relatif murah, harga jual beli yang terjangkau dan pakan yang mudah dicari bisa jadi pertimbangan.

Selain itu dengan mengajarkan anak untuk merawat ikan, juga akan mengenalkan mereka dengan keberagaman hewan yang tidak hanya ada di darat atau satu alam saja melainkan alam lainnya juga. 

Sebagai permulaan ikan-ikan yang tidak terlalu sulit untuk dirawat seperti ikan mas koki, ikan cupang, ikan guppy dan ikan hias lainnya.

Anjing

6 Hewan Peliharaan yang Bisa Jadi Teman Si Kecil Di Rumah
Sumber gambar : freepik/master1305

Hewan yang dianggap sebagai salah satu hewan yang setia pada manusia ini, menjadi salah satu hewan yang dipelihara oleh banyak orang. Tentu saja saat memutuskan untuk merawat anjing, banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan diantaranya seperti berikut poin berikut ini.

  • Memelihara anjing membutuhkan pengeluaran yang besar dari segi kesehatan, pakan, perlengkapan dan lain sebagainya
  • Diperlukan adanya rumah dan lingkungan yang memadai seperti halaman yang luas dan juga persetujuan atau kerelaan dari tetangga sekitar sekiranya kamu merawat anjing, sehingga tidak merasa terganggu satu sama lain.
  • Apakah anak atau anggota keluarga lain memiliki alergi terhadap bulu hewan atau penyakit pernapasan lainnya? Jika iya urungkan niat untuk memelihara agar anak maupun anjing tidak terbebani
  • Komitmen untuk merawat dan memelihara seumur hidup hewan peliharaan. Baik dalam keadaan sakit maupun sehat.

Jika sudah memenuhi semua pertimbangan diatas, maka selanjutnya menentukan jenis anjing yang tepat untuk menemani anak. Beberapa jenis anjing memang tidak tepat untuk jadi peliharaan karena sudah dari sananya. Dalam menentukannya kamu bisa menanyakan ke ahli yang mengetahuinya.

Kucing

6 Hewan Peliharaan yang Bisa Jadi Teman Si Kecil Di Rumah
Sumber : freepik

Hewan berkaki empat lainnya yang bisa jadi peliharaan untuk temani si kecil adalah kucing. Hewan berbulu nan lucu ini, juga jadi hewan peliharaan favorit bagi banyak orang. 

Kucing memang tampak cantik dan menggemaskan, tapi sobat perlu berhati-hati karena bisa saja mereka mencakar jika merasa terancam atau tidak suka. Khususnya jaga jarak kucing dan pastikan anak tidak sembarangan memegang hingga bisa saja tercakar.

Hal lain yang perlu jadi perhatian orang tua adalah memastikan kucing bersih, termasuk tempat pembuangan kotoran yang bersih dan rutin dibersihkan agar tidak menyebarkan virus penyebab penyakit.

Gunakan sarung tangan dan masker saat hendak membersihkan kotoran yang ada pada pasir kucing. Pertimbangan yang sama seperti hewan peliharaan anjing, juga perlu kamu pikirkan sebelum memelihara kucing sobat.

Marmut atau Hamster

6 Hewan Peliharaan yang Bisa Jadi Teman Si Kecil Di Rumah
Sumber : freepik/irinavasilevskaya

Hewan pengerat yang satu ini bisa jadi pilihan hewan peliharaan yang tepat untuk dipelihara bersama anak di rumah. Hewan pengerat seperti marmut ataupun hamster salah satunya, perawatan kedua hewan ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Meskipun kecil, memperhatikan kesehatan dan perlengkapan dalam memelihara marmut dan hamster juga perlu sobat perhatikan dengan baik. Pasalnya meski kecil, kedua hewan ini juga memerlukan tempat yang cukup luas dan ditata sedemikian rupa agar mereka tetap mudah bergerak dan bisa bersembunyi sekaligus beristirahat.

Burung

6 Hewan Peliharaan yang Bisa Jadi Teman Si Kecil Di Rumah
Sumber : freepik/wirestock

Pada umumnya burung menjadi salah satu hewan peliharaan kegemaran orang dewasa khususnya bapak-bapak. Karena keindahan bulu dan yang merdu, enak untuk dipandang. 

Memilih burung sebagai hewan peliharaan untuk dipelihara di rumah bersama anak bisa jadi pilihan yang tepat juga. Burung dengan corak bulu indah atau kicauan bagus bisa jadi pilihan kamu sobat. Misalnya saja seperti jenis burung parkit, lovebird, kenari, perkutut dan lainnya.

Itu dia sobat, beberapa hewan peliharaan yang bisa jadi pertimbangan kamu ketika hendak memelihara hewan. 

Perlu diingat, hewan tidak mampu berpikir layaknya manusia melainkan berdasarkan insting sehingga kita perlu mengajarkan hal tersebut pada anak untuk tidak berperilaku sembarangan terhadap hewan peliharaan. 

Meskipun mereka hewan peliharaan yang dianggap jinak, pada dasarnya mereka tetap hewan yang mengandalkan insting. Nah sobat, kamu punya pengalaman atau tips untuk merawat hewan? Bisa bagikan di kolom komentar ya supaya bisa jadi informasi bagi orang banyak.

6 Hewan Peliharaan yang Bisa Jadi Teman Si Kecil Di Rumah
Priode promo hingga 3 April 2022

Belanja Pet Food di Klik Indomaret Aja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here