Penipuan Online

Sumber gambar : freepik/rawpixel.com

Perkembangan dunia teknologi masa kini semakin berkembang pesat dan mampu membantu berbagai kegiatan manusia menjadi lebih mudah.

Kegiatan seperti berkomunikasi, media sosial, pembayaran dan belanja online sangat terbantu dengan adanya kemajuan teknologi ini sobat.

Sama seperti banyak hal yang kita lakukan, kemajuan teknologi digital mempunya dampak positif yang banyak berguna bagi kegiatan kita sehari-hari.

Meski memiliki dampak positif yang banyak membantu kita, tidak jarang banyak tindak kejahatan berbasis digital yang mengintai kita.

Salah satunya adalah penipuan berbasis digital yang bisa mengintai kamu dalam hal pembayaran atau berbelanja online. Cara menghindarinya bisa kita lakukan dengan beberapa cara berikut ini.

Menjaga Kerahasian Kata Sandi

Cara yang satu ini perlu banget untuk kamu lakukan untuk menghindari berbagai jenis penipuan termasuk online maupun tidak.

Simpan kata sandi akun milikmu hanya untuk pribadi, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir tindak penipuan adalah menciptakan kombinasi sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap aplikasi.

Tapi jika ingin membedakan kata sandi yang kamu miliki, pastikan untuk mengingat atau membuat catatan khusus agar kata sandi tidak mudah lupa.

Tidak Membagikan Kode OTP

Buat kamu yang sering bertransaksi online atau melakukan pembayaran dengan dompet digital pasti tidak asing dengan istilah kode OTP.

OTP sendiri berarti One Time Password yang digunakan sebagai satu lapisan keamanan yang hanya bisa digunakan sekali dalam proses autentifikasi. 

Kode OTP ini tidak boleh kamu bagikan, bahkan ke pihak aplikasi penyedia layanan pembayaran yang kamu gunakan. Karena kode OTP ini dapat digunakan untuk mengakses akun milikmu, bayangkan jika jatuh ke tangan yang salah atau penipu akan berbahaya bagi keamanan bertransaksi mu sobat.

Jangan Tergiur Harga Murah

Kalau yang satu ini perlu banget untuk diperhatikan bagi kamu yang sering berbelanja secara online maupun secara langsung.

Jangan tergiur dengan harga barang yang murah, karena bisa jadi terdapat hal janggal dibaliknya, misalnya barang tidak berkualitas, barang palsu dan lain sebagainya.

Seperti banyak pepatah yang mengatakan ada harga ada kualitas, hal ini berlaku ketika kamu membeli barang secara online maupun secara langsung. Tapi tidak jarang, terdapat produk atau brand yang memang menjanjikan harga produk murah dan tetap berkualitas.

Gunakan Pembayaran Terpercaya

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penipuan online adalah menggunakan sistem pembayaran yang terpercaya atau memang disediakan marketplace tempat kamu berbelanja. 

Jangan mudah percaya pada orang lain, serta dengan mudah mengirimkan jumlah uang tanpa ada kejelasan mengenai barang yang kamu pesan.

Cari Tahu Info dan Jangan Mudah Percaya

Mencari tahu informasi tentang modus penipuan yang kerap terjadi, juga dapat meminimalisir kejadian penipuan yang bisa menimpa mu atau orang terdekat.

Kunci lain menghindari maraknya modus penipuan adalah jangan mudah percaya pada akun atau orang yang baru saja kamu kenal.

Nah sobat itu dia beberapa cara agar kamu bisa meminimalisir tindak kejahatan penipuan baik secara online maupun tidak.

Ingat untuk selalu waspada dan jangan mudah percaya pada orang lain adalah kunci terhindar dari penipuan dan tidak kejahatan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here