Sumber gambar : freepik/freepic.diller

Perabotan rumah tangga berbahan besi ternyata lebih diminati selain dinilai lebih awet dan lebih kokoh menyangga beban berat. Namun, tahukah Sobat jika perabotan berbahan besi juga bisa keropos dan berkarat karena korosi. Korosi ini terjadi karena beberapa faktor seperti kelembapan udara, cuaca, hingga kontak dengan air.

Oleh karena itu, ini dia tips yang bisa Sobat lakukan untuk mencegah karat pada perabotan besi di rumah.

Bersihkan Secara Rutin

Sumber gambar : freepik

Noda dan kotoran yang menempel ternyata dapat mempercepat karat pada besi. Jadi segera bersihkan ketika perabotan terkena noda sebelum mengering. Kemudian keringkan dengan lap anti mikroba untuk mencegah terjadinya karat.

Letakkan di Tempat Kering

Sumber gambar : freepik/DCStudio

Usahakan untuk meletakkan perabotan berbahan besi di tempat yang kering, bersih, dan jauh dari sinar matahari langsung. Hal ini untuk mencegah perabotan berkarat karena udara yang lembap.

Gunakan Dehumidifier

Sumber gambar : freepik/Denis Mamin

Jika harus meletakkan perabotan besi di tempat lembap bisa gunakan dehumidifier untuk mengontrol kelembapan udara di rumah. Selain dapat mengontrol kelembapan udara, dehumidifier juga bisa mencegah jamur loh.

Gunakan Cat Atau Pelumas Anti Karat

Sumber gambar : freepik/anuta23

Cara berikutnya yang cukup ampuh yaitu dengan menggunakan cat atau pelumas anti karat. Selain bisa mencegah karat pada besi, ini juga bisa membuat perabotan lebih cantik seperti baru.

Bersihkan Karat Sebelum Menyebar

Sumber gambar : freepik

Jika sebagian perabotan sudah terlanjur ada karat, maka segera bersihkan karat sebelum semakin menyebar keseluruh bagian. Bersihkan karat dengan menggunakan cairan yang mengandung asam seperti cuka. Gosok secara perlahan dengan cairan asam dan diamkan sesaat. Lalu bilas dan gosok kembali dengan amplas hingga karat menghilang.

Nah itu beberapa cara untuk mencegah karat pada perabotan besi yang bisa Sobat coba di rumah. Jangan lupa selalu bersihkan perabotan secara rutin supaya lebih awet. Belanja peralatan kebersihan rumah tangga di Klik Indomaret, produknya lengkap dan mudah belanjanya.

Belanja Perlengkapan Kebersihan di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here