happy asian muslim holiday trip riding a bus together with family wearing mask preventing virus spread

Bulan Ramadan memasuki waktu pertengahan, bagaimana puasa sobat kali ini? Pasti banyak pengalaman dan pembelajaran berkesan yang bisa ditanamkan dalam hidup. 

Ramadan tidak hanya identik dengan kewajiban berpuasa, melainkan tradisi khas lainnya salah satunya mudik atau pulang kampung.

Kebiasaan mudik saat Hari Raya besar seperti Idul Fitri memang tidak bisa lepas dari tradisi masyarakat kita untuk menemui orang tersayang di kampung halaman. Nah sebelum pergi mudik tahun ini tentunya ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. 

Apalagi jika kamu ingin mudik hemat bisa pakai tips berikut. Penasaran kan apa saja tipsnya? Cek langsung di bawah ini ya.

Persiapkan Budget Secara Matang

Sumber gambar: mdjaff-Freepik.com

Sebelum memutuskan untuk pergi mudik, memikirkan dan mempersiapkan budget atau pengeluaran yang akan diperlukan perlu dipikirkan jauh hari. Apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh seperti luar kota maupun luar pulau.

Banyak pengeluaran yang perlu dipersiapkan mulai dari transportasi, buah tangan untuk keluarga di kampung, transportasi untuk kembali dan kehidupan sehari-hari di kota asal.

Sobat bisa menghitung pengeluaran sejak sekarang dan menyisihkan budget sedikit demi sedikit dari saat ini, agar tidak terburu-buru dan kekurangan dana nantinya.

Pesan Tiket Jauh Hari

Sumber gambar: Freepik

Ini dia nih hal penting yang perlu kamu pikirkan dari jauh hari, memesan tiket kendaraan untuk transportasi dari jauh hari punya manfaat untuk kamu lho sobat. Misalnya saja akan ada promosi menarik dan harga yang relatif normal dibanding musim liburan/high season.

Memesan tiket transportasi dari jauh hari, juga akan menghindari kamu dari kehabisan tiket karena banyak orang yang hendak mudik juga. 

Jangan lupa sisihkan waktumu untuk mengurus hal-hal lain, misalnya jika bekerja mengurus pekerjaan dan cuti agar nantinya pekerjaan tidak menumpuk dan cuti menjadi nyaman.

Pilih Oleh-Oleh Sesuai Pengeluaran

happy asian family giving present to their muslim grandparents during eid mubarak celebration. suprise gift to family

Sumber gambar: Odua-Freepik.com

Tidak ada salahnya untuk membahagiakan keluarga atau sanak saudara di kampung. Namun, jika ingin lebih hemat memilih oleh-oleh yang sesuai dengan pengeluaran kamu. 

Kamu bisa membeli oleh-oleh dengan jumlah yang banyak karena biasanya akan diberikan harga yang lebih murah. Selain itu, memanfaatkan promosi dari berbagai platform belanja online juga bisa jadi pilihan. 

Persiapkan Perlengkapan

Asian hijab girl is happy in the bedroom with a suitcase because she wants to travel

Seputar pengeluaran sudah, sekarang mempersiapkan perlengkapan apa saja yang perlu dibawa saat mudik. Jangan sampai ada barang-barang penting yang tertinggal, karena nantinya ketika di kampung halaman bisa saja kita merasa resah.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mempersiapkan rumah ditinggal dalam keadaan kosong selama mudik. Mulai dari segi keamanan, barang apa saja yang perlu ekstra dalam penyimpanan atau menitipkan rumah ke seseorang yang dapat dipercaya.

Pastikan Kesehatan Terjaga

asian family tradition having iftar dinner together at home

Sumber gambar: Odua-Freepik.com

Meski kasus covid-19 menunjukan kemajuan ke arah yang baik, tetap waspada dalam menjaga kesehatan tetap diperlukan agar mudik berjalan dengan aman dan lancar. 

Menjaga kesehatan sebelum hari H mudik tiba, akan membuat mudik menjadi aman untuk kamu maupun keluarga di kampung halaman nanti. Jika ingin lebih aman lagi, tidak ada salahnya melakukan cek kesehatan seperti tes covid-19 agar lebih amannya.

Karena kamu tidak mau kan jika terserang penyakit dan justru mengeluarkan biaya lebih nantinya. 

Itu dia beberapa tips untuk mudik hemat yang bisa sobat terapkan, sebenarnya masih banyak cara agar bisa mudik hemat lainnya. Tergantung dari kebutuhan masing-masing orang dan keluarga. 

Coba bagikan tips mudik hemat ala kamu ya sobat, siapa tahu bermanfaat untuk orang banyak yang membaca artikel ini.

5 Tips Buat Kamu yang Mau Mudik Lebih Hemat

Sumber gambar utama: Odua-Freepik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here