fungsi protein bagi tubuh
Sumber gambar : freepik/naumenkooleksandra

Selain sebagai sumber energi, protein ternyata memiliki banyak fungsi lainnya bagi kesehatan tubuh. Apa saja fungsi protein bagi tubuh? Ini penjelasan selengkapnya.


Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sama halnya dengan lemak dan karbohidrat, protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar. Ketika mengonsumsi makanan yang mengandung protein, sistem pencernaan akan memecah protein menjadi asam amino yang dibutuhkan hampir di seluruh bagian tubuh.

Asam amino inilah yang berfungsi sebagai “pembangun”untuk membentuk jaringan dan organ, serta berperan dalam proses-proses biokimia yang vital bagi tubuh. Namun, tidak hanya itu berikut ini fungsi protein bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu.

1. Sumber Energi dan Pengaturan Nafsu Makan

fungsi protein bagi tubuh
Sumber gambar : freepik/syda_productions

Pertama protein berfungsi sebagai sumber energi. Saat tubuh tidak memiliki cukup karbohidrat atau lemak untuk diubah menjadi energi, protein dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar alternatifnya. Selain itu, konsumsi protein yang cukup dapat membantu mengatur nafsu makan, membuat kita merasa kenyang lebih lama, dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

Baca Juga : Makanan Tinggi Protein dan Rendah Lemak, Cocok Untuk Diet

2. Pembentukan dan Perbaikan Jaringan Tubuh

Salah satu manfaat utama protein yaitu perannya dalam pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh. Protein membantu membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel-sel otot, kulit, rambut, kuku, dan organ-organ vital. Sel-sel baru terus dibentuk dalam tubuh kita, dan asupan protein yang memadai penting untuk memastikan jaringan tubuh terus diperbarui dengan baik.

3. Kekebalan Tubuh dan Sistem Pertahanan

fungsi protein bagi tubuh
Sumber gambar : freepik/graystudiopro1

Protein adalah komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh. Pertama ada antibodi yang merupakan protein yang membantu melawan infeksi dan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus. Selain itu juga sel darah putih, juga membutuhkan protein untuk melaksanakan fungsinya dalam memerangi penyakit dan menjaga keseimbangan kekebalan tubuh.

4. Pembentuk Enzim dan Hormon

Protein juga berperan dalam sintesis enzim dan hormon dalam tubuh. Enzim merupakan protein yang bertindak sebagai katalis dalam berbagai reaksi biokimia, memungkinkan tubuh melakukan proses metabolisme dan pencernaan secara efisien. Hormon, seperti insulin dan hormon pertumbuhan, juga terbentuk dari asam amino protein dan berperan penting dalam pengaturan fungsi tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Otot dan Tulang

fungsi protein bagi tubuh
Sumber gambar : freepik

Protein membantu dalam mempertahankan massa otot yang sehat dan kuat. Ini terutama penting bagi mereka yang terlibat dalam aktivitas fisik atau olahraga. Selain itu, protein juga berperan dalam mempertahankan kepadatan tulang yang baik, mengurangi risiko osteoporosis dan masalah tulang lainnya.

Protein adalah nutrisi penting yang memiliki peran vital dalam tubuh kita. Dalam diet seimbang, penting untuk memastikan asupan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Sumber protein yang baik meliputi daging, ikan, telur, produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk kedelai.

Jadi jangan lupa selalu penuhi kebutuhan protein harian dengan konsumsi makanan dengan kandungan tinggi protein. Belanja bahan makanan tinggi protein di Klik Indomaret aja, karena banyak promonya, produknya lengkap, dan gratis ongkir juga.

fungsi protein bagi tubuh
Periode promo terbatas

Belanja Makanan Tinggi Protein di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here