Mencegah Kolesterol Naik
Sumber gambar : freepik/odua

Buat Sobat yang mempunyai masalah kolesterol tinggi perlu hati-hati saat Lebaran. Ini dia cara mencegah kolesterol naik saat Lebaran yang bisa dicoba.


Selain silaturahmi saat Hari Raya Idul Fitri tentunya akan ada suguhan berbagai makanan lezat seperti rendang, opor ayam, gulai kambing, dan makanan lainnya. Setelah menahan godaan selama bulan Ramadan wajar jika ingin merayakan dengan menyantap hidangan lezat tersebut.

Namun, perlu diperhatikan bahwa makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sobat perlu berhati-hati karena ketika kadar kolesterol jahat dalam tubuh mengalami kenaikan bisa menyebabkan otot tegang, nyeri dada, hingga serangan jantung.

Oleh karena ini cara mencegah kolesterol naik saat Lebaran yang bisa Sobat coba.

1. Atur Asupan Makanan

Mencegah Kolesterol Naik
Sumber gambar : freepik/odua

Tidak masalah jika ingin menikmati makanan yang bersantan dan tinggi lemak tetapi perlu untuk mengontrol jumlahnya agar tidak berlebihan. Selain itu juga bisa terapkan pola gizi seimbang ketika makan. Setidaknya dalam satu piring berisi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dengan jumlah normal.

2. Konsumsi Serat dan Air Mineral

Mencegah Kolesterol Naik
Sumber gambar : freepik

Konsumsi serat yang cukup ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol loh. Terlebih untuk jenis serat larut mampu untuk mengikat lemak dan kolesterol agar tidak diserap tubuh. Oleh karena itu penting untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dan tentunya dibarengi dengan banyak minum air mineral.

3. Konsumsi Makanan Penurun Kolesterol

Mencegah Kolesterol Naik
Sumber gambar : freepik/lazartivan

Setelah konsumsi makanan berlemak dan kolesterol tinggi. Sobat bisa menyeimbangkan kembali kadar kolesterol dalam tubuh dengan makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dengan Buah-buahan Berikut

4. Kurangi Konsumsi Garam

Mencegah Kolesterol Naik
Sumber gambar : freepik/nerosu11

Kurangi konsumsi makanan dan camilan yang mengandung garam terlalu tinggi karena hal ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Jadi kurangilah pemakaian garam dalam memasak hidangan Lebaran.

5. Berhenti Merokok

Mencegah Kolesterol Naik
Sumber gambar : freepik/psodaz

Merokok juga dapat memicu kolesterol jahat naik dalam tubuh loh. Jadi segeralah berhenti merokok dan rutin berolahraga dari sekarang. Selain meningkatkan kadar kolesterol baik, dengan berolahraga dapat mencegah kelebihan berat badan yang berisiko diabetes dan serangan jantung.

Sobat bisa lakukan beberapa olahraga seperti jalan kaki, lari, berenang, yoga, hingga bersepeda.

Itu dia 5 cara mencegah kolesterol naik saat Lebaran yang bisa Sobat coba. Selain kelima hal tersebut Sobat juga perlu untuk melakukan beberapa pemeriksaan secara berkala ya. Jangan lupa selalu konsumsi makanan buah dan sayur sehat untuk jaga kesehatan dan kontrol kolesterol tubuh.

Mencegah Kolesterol Naik

Belanja Buah dan Sayur di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here