Close up portrait of man's and woman's hands making heart gesture over pregnant belly indoors

Kelahiran sang buah hati merupakan peristiwa berharga yang paling ditunggu oleh calon orang tua setelah penantian selama sembilan bulan lamanya. 

Tidak hanya dimasa kehamilan tetapi menuju persalinan juga perlu beberapa hal yang harus disiapkan secara matang.

Perlu banyak persiapan untuk menyambut kelahiran si kecil baik dari segi fisik Ibu maupun psikisnya. Berikut lima perlengkapan yang perlu dipersiapkan sebelum bersalin. 

Dokumen Penting

Sejak jauh hari mempersiapkan dokumen penting seperti berkas asuransi, berkas persalinan, kartu identitas, berkas rekam medis, kartu keluarga dan lain sebagainya adalah hal yang penting untuk dilakukan. 

Hal ini berguna agar tiba hari-H persalinan Ayah dan Ibu hanya perlu membawa tas berisi berkas yang sudah dipersiapkan. Berkas-berkas tersebut sebaiknya disusun dalam satu file agar tidak terpisah saat akan dibawa nanti.

Dana Tambahan

Meski sudah menggunakan asuransi melahirkan, ada baiknya mempersiapkan dana tambahan baik itu dalam bentuk tunai maupun non tunai untuk mengantisipasi hal tak terduga saat hari persalinan tiba. 

Pakaian Ibu dan Bayi

Perlengkapan penting lainnya yang perlu dipersiapkan menjelang kelahiran anak adalah pakaian bagi Ibu dan Bayi. Pilihlah bahan pakaian yang longgar, elastis dan juga nyaman untuk digunakan Ibu agar mempermudah pergerakan dan tidak terasa panas.

Sedangkan untuk bayi pakaian berbahan dasar lembut diperlukan untuk menjaga kenyamanan mereka. Pakaian bayi yang diperlukan meliputi baju, celana, kain bedong, kaos kaki, sarung tangan dan juga penutup kepala untuk menghalau dingin.

Perlengkapan Ibu dan Bayi

Bagian dari perlengkapan Ibu dan Bayi yang dimaksud melingkupi peralatan mandi Ibu dan juga perlengkapan si kecil seperti popok, bedak bayi, minyak telon, dan lainnya. Tidak hanya itu, pendamping yang menemani seperti Ayah juga perlu mempersiapkan keperluan pribadi selama akan menginap di rumah sakit.

Handphone dan Power Bank

Sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang terdekat tentunya handphone diperlukan untuk dibawa saat hari-H persalinan. Berguna untuk mengabari orang terdekat dengan kabar terbaru dari Ibu maupun Bayi yang akan dilahirkan ke keluarga atau orang terdekat.

Jangan lupakan pengisi daya dari handphone agar nantinya handphone tidak kehabisan daya saat diperlukan. 

Nah sobat, itu dia lima perlengkapan yang perlu dipersiapkan oleh calon orang tua menjelang hari persalinan. Selain perlengkapan di atas, dorongan semangat dari keluarga dan pasangan juga sangat berpengaruh pada kelancaran proses persalinan nanti.

Kalau sobat sendiri? Sudah pernah mengikuti proses persalinan? Menurut kalian barang apa lagi yang diperlukan untuk mempersiapkannya.

Periode promosi ini berlangsung dari 05 Januari – 18 Januari 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here