Doctor filling up a life insurance form

Dari sekian banyak pilihan asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, asuransi jiwa menjadi salah satu pilihan terbaik. Manfaat asuransi jiwa sangat banyak, mulai dari memiliki banyak jenis, dari asuransi berjangka hingga seumur hidup, untuk biaya pendidikan hingga kesehatan, dan juga dapat dijadikan sebagai investasi yang menguntungkan.

Manfaatnya yang cukup banyak ini membuat banyak orang memilih asuransi jiwa dibandingkan asuransi lain. Ketika memilih asuransi jiwa murni, premi menjadi pertimbangan penting. Premi adalah jumlah yang dibayarkan setiap bulan untuk jangka waktu yang telah ditentukan. Nah berikut beberapa hal yang mempengaruhi besaran premi asuransi jiwa:

Usia

Sumber gambar : freepik

Hal pertama yang akan sangat mempengaruhi harga premi yang harus dibayarkan saat memilih asuransi jiwa adalah usia. Usia yang ditetapkan sebagai syarat bagi penerima asuransi jiwa ini, tergantung dari ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan. Jika Sobat mengambil atau mendaftarkan asuransi jiwa sejak dini yaitu sekitar usia 20 tahun akan mendapatkan harga premi yang lebih murah. Hal ini dikarenakan semakin tua usia tertanggung, semakin tinggi pula preminya. Itulah mengapa semakin muda Sobat memiliki asuransi jiwa, semakin menguntungkan dan efisien dengan premi yang lebih rendah.

Riwayat Kesehatan

Sumber gambar : freepik/jcomp

Hal berikutnya yang penting dan sangat mempengaruhi besarnya premi yang harus dibayarkan untuk asuransi jiwa murni yaitu  riwayat kesehatan saat mengajukan asuransi. Saat mengajukan lamaran, tentunya akan ada pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Riwayat kesehatan merupakan salah satu syarat penting dalam mengajukan asuransi jiwa. Jika Sobat memiliki riwayat kesehatan yang baik, hal ini akan membuat premi yang dibayarkan lebih rendah dibandingkan yang memiliki riwayat penyakit berbahaya. Jadi perhitungan tersebut merupakan salah satu cara bagi perusahaan untuk menghitung risiko yang akan ditanggung.

Hobi dan Kebiasaan

Sumber gambar : freepik/wayhomestudio

Hal terakhir yang akan mempengaruhi harga premium yang dibayarkan adalah dari hobi dan kebiasaan. Bagi orang yang memiliki hobi bahkan profesi yang berbahaya akan mendapatkan premi yang lebih tinggi. Misalnya hobi terjun payung, diving, dan lain-lain. Selain itu, kebiasaan tidak sehat seperti merokok juga akan mendapatkan dua kali lipat premi yang diberikan oleh perusahaan.

Ketiga hal tersebut merupakan hal utama yang akan mempengaruhi besarnya premi yang akan Sobat dapatkan saat mendaftar asuransi jiwa murni. Namun, selain tiga hal ini ada beberapa hal lain yang bisa mempengaruhi besar premi asuransi jiwa karena setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakannya masing-masing. Nah, bagaimana Sobat? Tertarik untuk mendaftar asuransi jiwa sejak dini? Jangan lupa bayar tagihan asuransi di Klik Indomaret aja!

Ayo Belanja Sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here