Daging ayam menjadi bahan makanan yang populer untuk membuat berbagai hidangan lezat. Hewan yang banyak diternakan dan digunakan menjadi berbagai macam olahan ini memang punya cita rasa yang lezat dan punya nilai gizi yang baik untuk dikonsumsi berbagai kalangan usia.

Tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi, berbagai macam bagian tubuh ayam pun bisa diolah menjadi hidangan lezat bahkan hingga ke ceker yang mereka miliki.

Untuk tahu lebih jelasnya, berikut beberapa bagian daging ayam dan jenis hidangan yang bisa sobat buat.

Dada

Sumber gambar: Jcomp-Freepik.com

Bagian dada ayam adalah bagian yang lezat dan mudah untuk dikonsumsi karena sedikit tulang dan berlimpah daging. Selain itu, lemak yang ada pada dada juga lebih sedikit jika tidak dibalut tulang dan kulit atau fillet dibandingkan bagian lain dari ayam.

Dada ayam yang empuk dapat dimasak menjadi berbagai hidangan, misalnya chicken katsu, campuran daging pada sayuran salad, steak ayam, suwiran ayam pada soto dan masih banyak lainnya.

Paha

Sumber gambar: azerbaijan_stockers-Freepik.com

Kalau bagian ayam yang satu ini disukai banyak orang ketika dihidangkan menjadi ayam goreng. Bagian paha ayam terasa lezat karena empuk dan crispy bila saat digoreng masih terdapat kulit yang membalut paha ayam tersebut.

Paha ayam sendiri terdiri menjadi dua bagian yakni paha atas merupakan daging yang diambil di atas paha ayam dan memiliki bentuk yang melebar, sedangkan paha bawah merupakan potongan yang diambil dari pas pada bagian paha ayam.

Hidangan dari bagian paha ini juga beragam macamnya sobat namun yang cukup populer adalah ayam crispy dan hidangan nusantara seperti opor ayam, ayam goreng dan ayam balado.

Sayap

Sumber gambar: Jcomp-Freepik.com

Siapa disini penggemar chicken wings? Pasti kamu sudah tahu kan bagian sayap ayam yang lezat. Walaupun memiliki isian daging yang lebih sedikit dibandingkan bagian ayam lainnya, sayap juga menjadi primadona banyak orang karena rasanya yang lezat bila diolah dengan bumbu yang meresap.

Hidangan dari sayap ayam ini juga hampir mirip dengan bagian lain dari ayam, seperti sayap goreng atau crispy, sayap dengan baluran saus, ditambahkan dalam olahan gulai atau soto dan masih banyak lainnya.

Kaki

Sumber gambar: mrsiraphoi-Freepik.com

Bagian paling bawah dari tubuh ayam ini ternyata banyak digemari. Bagian kaki ayam atau yang lebih dikenal dengan ceker ini dapat dihidangkan menjadi berbagai makanan lezat. Salah satunya adalah sup ceker, ceker pedas, atau menjadi campuran hidangan lain seperti soto ataupun gulai.

Ceker sebelum diproses menjadi hidangan, pastikan dicuci hingga bersih dan hilangkan bagian cakar dan bagian yang terlihat kotor.

Nah sobat, itu dia beberapa bagian tubuh ayam yang dapat kamu hidangkan menjadi olahan lezat. Tidak hanya bagian luar tubuhnya saja, bagian tulang ayam juga dapat kamu manfaatkan sebagai bahan rebusan ketika membuat sup agar kaldu dari ayam lebih terasa.

Jangan lupa sebelum mengolah semua bagian ayam di atas, bersihkan dengan seksama sehingga tidak ada bagian bulu atau kotoran yang menempel pada daging ayam.

Belanja Daging dan Seafood Jadi Lebih Hemat Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here