Tips Praktis Merawat Kucing Bagi Pemula
Sumber gambar : freepik

Merawat hewan peliharaan merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu dan perhatian kita. Namun, bagi banyak orang hal itu sebanding ketika melihat hewan peliharaan yang kita rawat sehat dan aktif. Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak digemari untuk dipelihara. 

Nggak hanya menggemaskan kucing, memang menjadi hewan peliharaan yang cocok untuk dipelihara saat kamu berkeluarga. Karena mereka mudah bersahabat dengan anak-anak.

Selain lucu, kucing juga hewan peliharaan ideal bagi kamu yang baru pertama kali ingin memiliki hewan peliharaan. Nah berikut ini beberapa tips merawat kucing bagi pemula.

Kenali ras kucingmu

Group of 5 cats in a row : norwegian, siberian and persian cat in a row isolated Premium Photo
Sumber gambar : freepik

Mengenali ras kucing yang kalian pelihara akan sangat membantu untuk kalian mengetahui cara perawatannya. Kucing ras biasanya memiliki step perawatan yang lebih rumit daripada kucing liar. Jenis ras kucing yang biasa di pelihara di Indonesia adalah persia dan stray cat atau kucing liar.

Pilih makanan yang sesuai

Cat eats food from a bowl at the table, beautiful british gray cat, Premium Photo
Sumber gambar : freepik

Sama halnya dengan merawat bayi manusia dari kecil hingga dewasa. Makanan yang dikonsumsi kitten dan kucing dewasa jelas berbeda, makanan yang dikonsumsi anak kucing perlu diperhatikan nilai kandungan gizi di dalamnya. Agar pertumbuhan mereka tetap berjalan dengan baik.

Baca Juga: Cat Lovers! Ternyata ini Keuntungan Memelihara Kucing

Sikat bulu kucing secara teratur

Sumber gambar : freepik

Sama halnya dengan hewan peliharaan berbulu lainnya, kucing juga perlu disikat bulunya secara rutin agar tidak menggumpal ataupun rontok. Apalagi setelah selesai makan banyak sisa air atau makanan yang menempel di bulunya, nah kalian bisa membersihkannya dengan kain yang dibasahi sedikit air.

Menyisir bulu kucing juga akan membuat bulu mereka semakin halus dan sehat. Saat menyisir bulu kucing lakukan secara perlahan ya sobat, agar mereka tidak merasa kesakitan dan tidak menyebabkan stress.

Mandikan kucing secara rutin

Scared cat taking a bath Premium Photo
Sumber gambar : freepik

Kebanyakan pecinta kucing biasanya memandikan kucing mereka seminggu sekali atau dua kali seminggu. Tergantung kondisi kebersihan bulu kucing, karena pada dasarnya kucing terbiasa membersihkan diri mereka sendiri dengan cara menjilat bulu mereka. Hal ini biasa disebut dengan self grooming.

Namun tetap saja ada beberapa bagian tubuh pada kucing yang sulit untuk dijangkau. Memandikannya akan membuat bulu kucing menjadi lebih lembut dan bersih. Jangan lupa gunakan air hangat dan hindari menyiram langsung di area wajah.

Untuk menjaga kesehatannya dan juga keindahan bulu kucing, beri mereka makanan yang sesuai dengan usia dan kebutuhan gizi mereka. Kalian juga bisa mengatur selang waktu, antara makanan kering dan basah untuk memenuhi kebutuhan asupan pada kucing kesayangan.

Tips Praktis Merawat Kucing Bagi Pemula
Periode promo hingga 15 Mei 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here