Hujan
musim penghujan

Hujan yang turun apalagi di malam hari terkadang membuat tubuh jadi dingin dan membuat kita menjadi tidak bersemangat. Apalagi suhu yang dingin akan menyebabkan sobat menjadi lebih cepat lapar hingga bawaanya ingin ngunyah terus. Nah saat hujan tentunya paling pas menyantap makanan hangat.

Selain membuat tubuh menjadi hangat tentu rasanya akan terasa lebih nikmat. Berikut rekomendasi beberapa makanan dan minuman yang enak dinikmati saat hujan turun.

Bakso

Sumber: Kumparan

Bakso bisa dibilang salah satu makanan paling cocok jika disantap saat hujan . Cita rasanya yang gurih serta dipadukan dengan kuah  dan daging hangat tentunya menambah kenikmatannya saat disantap dikala hujan. 

Bakso juga termasuk makanan yang fleksibel sehingga mudah disesuaikan dengan selera sobat. Cukup tambahkan sambal pada kuahnya jika sobat pecinta pedas, atau tambahkan lontong jika ingin merasa kenyang lebih lama.

Angsle

Sumber: pegipegi.com

Angsle merupakan Minuman khas Jawa Timur. Angsle memiliki kuah manis yang terbuat dari santan dengan toping isian yang terdiri dari roti, kacang hijau, mutiara, petulo.

Namun terkadang beberapa penjual ronde menambahkan beberapa bahan-bahan lainnya untuk menambah citarasa angslenya seprti potongan nanas hingga ketan hitam

Kombinasi dari berbagai macam toping dan kuah manis yang hangat membuat Angsle jadi santapan yang khas di kala hujan apalagi pada umumnya angsle memiliki harga yang terjangkau.

Badrek

Jika sobat berasal dari Jawa Barat pastinya sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Badrek terbuat dari air jahe yang dipadukan dengan gula aren, daun pandan serta kayu manis serta cengkeh.

Dengan komposisinya yang penuh dengan rempah membuat badrek cocok untuk menghangatkan serta meningkatkan stamina tubuh sobat dikala musim penghujan.

Pisang Goreng

Sumber: Indoindins

Butuh cemilan pendamping untuk menemani di saat musim hujan? Pisang goreng jawabannya. Sepertinya gak ada yang cemilan yang lebih cocok untuk menemani musim hujan sobat dibanding pisang goreng apalagi jika disajikan bersama minuman hangat seperti teh ataupun kopi. 

Untuk sobat yang mungkin bosan dengan menu pisang goreng yang biasa, dapat mencoba memakannya bersama sambal. Tidak perlu merasa aneh sobat karena hal ini umum dilakukan seperti di Manado ataupun Makassar yang menggunakan sambal roa untuk jadi pelengkap pisang goreng.

Itu dia beberapa sajian yang nikmat disantap dikala musim hujan. Selain dapat mengenyangkan perut, beberapa sajian tersebut juga bisa menghangatkan tubuh kamu. Sajian mana nih yang menjadi favorit kamu sobat?

Sumber foto utama: Photo by Anna Atkins on Unsplash

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here