Healthy foods containing vitamin D. Top view

Selain itu, sinar matahari juga berperan dalam asupan vitamin D bagi tubuh. Pastinya kamu ingin tau lebih dekat mengenai vitamin D dan manfaatnya bagi tubuh bukan. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Tubuh manusia memang memiliki keunikan tersendiri, salah satunya adalah kemampuan dalam memproduksi vitamin.

Nah, salah satu jenis vitamin yang dapat diproduksi oleh tubuh kita adalah vitamin D.

Dilansir dari laman Medicalnewstoday.com, tidak seperti namanya, vitamin D bukanlah vitamin. Melainkan, prohormon, atau prekursor hormon. Peranan vitamin D dalam tubuh juga sangat beragam sobat, seperti:

  • Membentuk struktur tulang dan gigi
  • Mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh
  • Mengatur kadar insulin
  • Mendukung fungsi paru-paru dan kesehatan jantung

Beragam manfaat tadi, bisa kamu dapatkan jika kebutuhan akan vitamin D tercukupi dengan baik. Caranya? dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin D dan berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari.

Makanan seperti buah dan sayur yang kaya akan vitamin D seperti:

Ikan salmon

Sumber gambar: Freepik

Kuning telur

sumbe gambar: Freepik

Ikan sarden

Sumber gambar: Freepik

Ikan tuna

Sumber gambar: Freepik

Susu

Sumber gambar: Freepik

Yoghurt

Sumber gambar: Freepik

Bukan hanya itu, berbagai makanan dan minuman lainnya juga masih banyak yang kaya akan vitamin D. Tentunya, untuk kamu yang bekerja di dalam ruangan dan tidak punya cukup waktu untuk berjemur di pagi hari. Sulit untuk mendapatkan asupan vitamin D bergantung dari berjemur di pagi hari dan makanan.

Itu sebabnya, kamu bisa sekalian mengonsumsi suplemen vitamin D untuk membantu tubuh mendapat asupan vitamin D yang cukup.

Nah, lalu apa sih efek yang terjadi pada tubuh kalau kita kekurangan vitamin D? Efek yang dapat ditimbulkan jika kekurangan vitamin D antara lain sebagai berikut sobat:

  • Mudah merasa lelah
  • Sakit dan nyeri
  • Lemah pada bagian tulang atau otot
  • Memicu osteoporosis dan osteomalasia pada orang dewasa

Sumber: Healthline.com

Tentunya kamu nggak mau kan mengalami beberapa masalah kesehatan tadi, itu sebabnya jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D baik itu dengan makanan, minuman ataupun berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari.

Sekarang, sudah tau bukan apa itu vitamin D dan berbagai manfaatnya. Yuk mulai, penuhi asupan vitamin D dan vitaminnya secara rutin. Apalagi di tengah masa pandemi seperti sekarang, kesehatan adalah yang nomor 1.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here