pixelated snowy mountains with diamonds and coins bars to videogame scene vector illustration

Game AAA atau yang biasa disebut dengan Triple A games merupakan game yang dibuat dengan bujet produksi yang sangat besar baik dari segi modal yang melebihi film hollywood, jumlah tim produksi hingga distribusi yang luas. Pada umumnya game dengan label AAA dibuat dengan modal minimal sebesar US$50 juta.

Hal ini mengakibatkan game dengan label ini biasanya dikeluarkan oleh para developer ternama. Seperti Rockstar Games dengan seri GTAnya atau Naughty Dog dengan seri The Last of us.

Sumber: Reddit

Tingkat pembuatan yang rumit, pengembangan yang lama serta modal yang tidak sedikit dalam pembuatannya tentunya harus sobat hargai dengan membeli game-game original keluaran para developer tersebut. 

Game AAA selalu diproduksi dengan engine serta tools terbaik untuk memenuhi kualitas yang telah ditetapkan baik audio maupun aspek visual dari game. Game Triple A umumnya dibuat untuk disesuaikan dengan generasi console terbaru saat itu. Ini dilakukan agar game yang dimainkan dapat mengeluarkan seluruh potensinya.

Sumber: Kojima Production

Distribusi dari game Triple A juga tidak kalah dengan film hollywood lo sobat. Untuk distribusi serta pemasarannya game dalam tingkatan ini akan melakukan promosi besar-besaran mulai dari iklan televisi, billboard, membuat seri special edition hingga melakukan perjanjian eksklusif dengan pabrikan console tertentu.

Promosi game Death Stranding bekerja sama dengan acara Rick and Morty

Sumber: 9gag

Di luar faktor produksi dan distribusi, jangan lupa masih ada sumber daya manusia. Biasanya game AAA dibuat oleh ratusan orang yang melibatkan berbagai divisi dalam perusahaan tersebut. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan keterlibatan ratusan atau ribuan orang di luar perusahaan (outsource) mengingat rumitnya pembuatan.

Itu dia sobat pengertian dari Triple A games pasti pada paham kan, games jangan sekarang juga kebanyakan terintegrasi dengan jaringan online sobat karena developer sering melakukan update berkala untuk game tersebut.

Sehingga sobat pastinya butuh jaringan yang stabil karena itu jangan lupa untuk membayar internet sobat di Klik Indomaret ya.

Yuk Belanjaaa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here