Breast milk frozen in storage bag and baby lying on background

Memberikan ASI kepada si kecil menjadi salah satu keharusan yang dilakukan oleh setiap ibu. Masa keemasan menyusui memang dianjurkan sejak bayi hingga si anak berusia 6 bulan keatas. Nah buat para ibu yang masih menyusui perlu untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa memperlancar ASI dan menyehatkan bagi mereka.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang membantu melancarkan ASI bagi para busui.

Bayam dan sayuran hijau

Source protein vegetarians top view healthy food clean eating Premium Photo

Sumber foto: Freepik

Bukan jadi rahasia lagi kalau sayuran hijau yang satu ini menjadi makanan bergizi yang cocok dikonsumsi ibu menyusui. Bayam kaya akan zat besi, kalsium dan asam folat yang baik sebagai pelancar ASI. Selain itu sayur bayam juga berfungsi sebagai detoksifikasi yang 

Kacang-kacangan

Some of assorted nuts and dried fruits with pecan, pistachios, almond, peanut, cashew, pine nuts in a different bowls and black pan flat lay. Free Photo

Sumber foto: Freepik

Kacang tanah memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk memperlancar ASI pada ibu menyusui. Bukan hanya kacang tanah, kacang-kacangan lain seperti kacang almond juga memiliki kandungan protein dan kalsium yang bagus untuk ibu menyusui.

Asparagus

Fresh green asparagus on table. Free Photo

Sumber foto: Freepik

Jenis sayuran yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Karena kaya akan kandungan vitamin A dan K, serta berserat tinggi dan dapat membantu merangsang hormon pada ibu menyusui.

Ubi Jalar

Sweet potatoes Free Photo

Memiliki kandungan karbohidrat dan sumber utama potasium, menjadikan ubi jalar baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ubi jalar juga mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks yang bagus bagi kesehatan ibu.

Nah beberapa bahan makanan tadi bisa diolah sesuai dengan keinginan, selain menjaga asupan makanan untuk kualitas ASI yang bagus. Ibu juga tidak boleh dalam keadaan stress karena anak yang sehat berasal dari ibu yang bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here