doctors perform dialysis, medicine treatment of kidney failure, hospital and clinic medical facilities, blood purification and cleaning. Illustration for business card, banner, brochure, flyer, ads

Ginjal adalah organ penting dalam tubuh kita. Berfungsi untuk menetralisir darah yang akan dialirkan ke seluruh tubuh. Tentu membuat ginjal harus dirawat dengan baik agar kita tetap sehat.

Nggak perlu minum obat-obatan terus, cara merawat ginjal juga bisa dilakukan dengan rajin berolahraga dan tidak menahan diri saat ingin buang air kecil.

Tapi beberapa cara ini, bisa juga sobat gunakan untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal dari penyakit kronis berbahaya seperti gagal ginjal dan batu ginjal. Penasaran? Langsung cek di bawah ini.

1. Konsumsi sayuran

Sumber foto: Freepik

Mengkonsumsi sayuran, tidak hanya berguna untuk kesehatan kulit dan organ tubuh saja lho sobat. Tapi bisa juga berguna untuk menjaga kesehatan organ ginjal.

Sayuran tersebut antara lain buncis, asparagus, paprika, kembang kol dan masih banyak lainnya. Dengan cara pengolahan yang benar sayuran tadi akan terasa lebih lezat tanpa mengurangi vitamin di dalamnya.

2. Penuhi konsumsi cairan

Sumber foto: Freepik

Konsumsi air mineral idealnya, minimal delapan gelas perhari untuk menjaga fungsi organ ginjal. Jika kita kekurangan asupan cairan, aliran darah akan tersumbat dan semakin sedikit jumlah darah yang mengalir di dalam ginjal.

Sehingga, hal tersebut mengurangi kinerja ginjal dalam menetralisir racun dalam tubuh yang berakibat fatal bagi kesehatan.

3. Mengurangi Obat-obatan

Sumber foto: Naypong/Freepik

Tidak hanya racun yang dihasilkan dari makanan. Bahan kimia berbahaya dari obat-obatan dan suplemen juga akan di netralisir oleh organ ginjal. Itu sebabnya mengurangi konsumsi suplemen dan obat-obatan dapat menjaga kesehatan ginjal kalian sobat.

Alternatif pengganti suplemen dan obat-obatan bisa kalian dapatkan dari buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin dan serat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tunggu apalai? Ayo jaga dan rawat ginjal serta hindari masalah kesehatan serius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here