Berat badan yang berlebih memang bisa jadi masalah yang cukup serius bagi kesehatan. Itu sebabnya pola makan dan diet sehat mulai jadi kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Salah satu jenis diet yang populer adalah plant based diet.

Wah apa itu plant based diet? Plant based diet atau pola makan nabati adalah jenis diet yang lebih mengutamakan konsumsi bahan makanan yang berasal dari tumbuhan. Ini bukan berarti kamu menjadi seorang vegetarian atau vegan ya.

Sumber foto: Freepik

Hal ini berarti membatasi atau menghindari produk hewani. Serta lebih fokus pada bahan makanan yang berasal dari tumbuhan, termasuk sayuran, buah-buahan, polong-polongan, biji-bijian dan kacang-kacangan yang menjadi makanan pokok.

Manfaat kesehatan dari plant based diet ini juga beragam bagi tubuh kita sobat. Contohnya beberapa hal ini.

Mengurangi Resiko Diabetes

Salah satu manfaat dari plant based diet ini adalah mengurangi resiko diabetes. Hal itu dapat meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, penyakit jantung memang jadi momok menakutkan bagi banyak orang. Apalagi bagi para orang tua dan lansia, pola makan nabati bisa jadi solusi yang baik untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Memperlambat Penurunan Kognitif

Penurunan kognitif ini bisa saja terjadi pada orang lanjut usia, nah metode plant based diet ini berfungsi untuk memperlambat penurunan kognitif.

Dalam banyak penelitian, asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi sangat terkait dengan penurunan kognitif.

Nah, untuk mendukung metode plant based diet, beberapa bahan belanjaan berikut ini bisa jadi acuan kamu saat berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Greek Salad, Menu Sehat Dan Bergizi Yang Rendah Kalori

Sumber foto: Freepik

Tentunya perubahan gaya hidup sehat ini, gak semata-mata bisa dilakukan secara instan. Melainkan secara perlahan dan nantinya akan terbiasa menjalani pola hidup sehat.

Jadi bagaimana sobat? Tertarik untuk mencoba plant based diet?

Promo-KlikIndomaret

Sumber: Healthline.com
Sumber foto utama: Freepik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here