Close-up Man holding mobile smart phone at nature bokeh blurred background.

Semakin berkembangnya teknologi maka semakin banyak juga berbagai keluaran gadget yang dijual di pasaran. Berbagai range harga yang diberikan semakin menunjukan kecanggihan dan kualitas dari barang tersebut. Sehingga hal itu, membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan handphone terbaik dengan harga yang fantastis.

Tapi nggak jarang ada yang lebih memilih cara instan demi mendapatkan gadget impian. Yaitu membeli handphone palsu atau tiruan, gadget tiruan biasanya memiliki kualitas yang berada satu tingkat dibawah barang asli. Memiliki fisik yang mirip bukan berarti membeli handphone palsu tidak menimbulkan berbagai masalah pada handphone.

Untuk jadi bahan pertimbangan, beberapa kerugian ini bisa saja terjadi kalau kamu memilih untuk membeli handphone palsu daripada original.

Rentan Rusak

Sumber foto: Freepik

Hal ini menjadi salah satu faktor utama yang perlu kamu pikirkan sebelum membeli handphone tiruan atau kw. Karena biasanya akan lebih rentan rusak. walaupun secara fisik terlihat mirip, terdapat beberapa bagian dalam perangkat tersebut yang tidak bisa ditiru secara sempurna.

Tidak Ada Garansi Resmi

Sumber foto: Freepik

Setiap membeli handphone ataupun barang elektronik lainnya di dalam kotak pembungkus selalu disediakan kartu garansi yang bisa kalian gunakan saat gadget mengalami kerusakan dan butuh perbaikan.

Kebanyakan handphone tiruan tidak menyediakan garansi, bisa saja disediakan namun hanya garansi dari toko yang kalian beli dalam jangka waktu yang singkat. Sehingga saat handphone rusak dan butuh perbaikan kamu perlu mengeluarkan biaya sendiri.

Baca Juga: Empat Tips Jitu Agar Kamu Tidak Tertipu Saat Membeli Smartphone Bekas

Spesifikasi Perangkat Jauh Berbeda

Sumber foto: Freepik

Pastinya setiap barang tiruan tidak akan pernah 100% mirip dengan barang aslinya. Sehingga kalau kamu mengharapkan spesifikasi dari handphone tiruan akan sama dengan yang asli maka kamu salah. Hal ini juga berpengaruh dengan performanya yang jauh lebih rendah dibanding dengan yang asli.

Susah Untuk Dijual Kembali

Sumber foto: Freepik

Bukan tidak mungkin dijual kembali, hanya saja akan lebih sedikit orang yang berminat dengan handphone tiruan. Selain itu walaupun dijual kembali harganya akan jatuh dan berbanding terbalik dengan harga saat kalian beli pada saat itu.

Jadi jangan terlalu tergiur dengan harga yang murah tanpa memikirkan resiko jangka panjang saat membeli handphone tiruan.

Apalagi dengan tidak adanya garansi, biaya perbaikannya bisa saja lebih mahal dan tidak ada jaminan bisa berfungsi dengan baik lagi. Lebih baik menabung atau mencicil untuk membeli barang original daripada harus merugi nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here