buah kaya serat
Sumber gambar : freepik

Buah dan sayur merupakan salah satu sumber utama vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Hal ini, dikarenakan kandungan alami yang terdapat di dalamnya.


Pertanyaannya, mengapa tubuh kita memerlukan serat? Serat sangat penting dikarenakan dapat memelihara mikroba baik yang bermanfaat bagi pencernaan.

Tidak hanya itu, jenis serat tertentu dapat juga membantu kita dalam proses penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah dan mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

Serat sehat tersebut bisa kamu dapatkan dari konsumsi beberapa jenis buah dan sayur berikut ini lho sobat. Penasaran kan apa saja? Yuk langsung cek di bawah ini.

Bayam

Siapa yang tidak kenal dengan bayam? Sayuran hijau yang punya segudang manfaat ini, baik bagi kesehatan tubuh kita lho. Selain kaya akan serat, bayam juga tinggi kandungan folat, vitamin A, magnesium, serat, dan juga zat besi.

Kandungan kalorinya yang rendah juga aman bagi kamu yang sedang menjalani diet sehat sobat. Cara mengolahnya juga terbilang cukup mudah, cara mengolah bayam juga tidak sulit, bisa diolah menjadi sup bening dengan tambahan jagung yang dipotong sedang. Selain itu bisa juga diolah menjadi tumisan bayam yang gurih dan nikmat.

Pepaya

Buat kamu yang sering mengalami sembelit atau susah BAB, pasti familiar dengan buah yang satu ini. Yup, pepaya menjadi salah satu buah yang paling sering dikonsumsi karena kaya akan serat. Selain serat, pepaya juga punya kandungan manfaat lain seperti berbagai vitamin, kalsium, magnesium, potasium, folat dan lainnya.

Mengolah buah pepaya, bisa kamu jadikan sebagai jus, es buah atau dicampur dengan bahan lainnya untuk menghasilkan olahan yang lezat.

Buah naga

Buah eksotis yang satu ini ternyata merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan serat lho sobat. Dilansir dari laman Healthline.com pada per porsi buah naga, tersaji 7 gram serat

Bukan hanya kaya akan serat, buah naga ini juga kaya akan zat bermanfaat lainnya seperti antioksidan, vitamin C dan masih banyak lainnya. Cara mengolahnya, bisa kamu jadikan sebagai jus atau dicampur dengan buah lain dan dijadikan es buah.

Baca juga: 4 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Wortel

Selain baik bagi kesehatan mata, mengonsumsi wortel juga dapat memenuhi kebutuhan serat pada tubuh kita. Dilansir dari laman Healthline.com kandungan serat pada 3,6 gram dalam 1 cangkir wortel mentah, atau 2,8 gram per 100 gram.

Tidak hanya itu, wortel juga kaya akan jenis vitamin seperti vitamin A dan berbagai jenis vitamin lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Apel

Sumber gambar: Freepik

Menjadi salah satu buah yang dikonsumsi oleh banyak orang, ternyata apel memiliki kandungan serat yang baik bagi tubuh kita. Selain memiliki kandungan serat di dalamnya, apel juga memiliki kandungan vitamin lain seperti vitamin C, kalsium, fosfor dan masih banyak lainnya.

Pisang

Sumber gambar: Freepik

Buah kuning yang seringkali dikonsumsi banyak orang ini, punya beragam manfaat yang nggak kalah baik dengan buah lainnya sobat. Pisang memiliki kandungan serat, pottasium, zat besi, vitamin C dan manfaat lainnya.

Brokoli

Sumber gambar: Freepik

Kamu pecinta brokoli? Pilihan yang tepa! Karena sayuran hijau yang satu ini memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah kaya akan serat dan juga berbagai jenis vitamin lain seperti vitamin c, vitamin k, kalium, zat besi dan berbagai manfaat lainnya.

Mengonsumsi makanan bergizi, tentu bisa membantu menjaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan pencernaan. Apalagi di tengah rawannya virus seperti sekarang, kita perlu ekstra dalam menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Jangan lupa, untuk selalu mencuci tangan dan bahan makanan yang akan dimasak agar menjaga kebersihannya ya sobat.

Selalu waspada dan jaga kesehatan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here