fresh beetroot on wooden background

Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna tentu tidak luput, dari yang namanya buah-buahan yang menjadi sumber vitamin alami bagi tubuh. Berbagai jenis buah, memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan kita.

Salah satu jenis buah yang sudah tidak ragukan manfaatnya adalah buah bit, jenis umbi-umbian berwarna merah ini dikenal memiliki beragam khasiat bagi tubuh.

Seperti rendah kalori dan kaya akan vitamin serta mineral, buah bit juga punya beragam manfaat ini bagi kesehatan tubuhmu. Simak selengkapnya di bawah ini ya.

Menurunkan tekanan darah

Sumber gambar: Freepik

Penyakit jantung menjadi salah satu momok menakutkan bagi banyak orang, hal ini dapat dipicu oleh tekanan darah tinggi yang diakibatkan oleh makanan atau faktor-faktor lainnya.

Dilansir dari laman Healthline.com, penelitian menunjukan bahwa buah bit secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah hingga 4-10 mmHg dalam kurun waktu beberapa jam. Efek penurunan darah ini, kemungkinan besar disebabkan oleh tingginya konsentrasi nitrat dalam buah bit.

Menurunkan resiko kanker

Sumber gambar: Freepik

Penyakit kronis yang satu ini, menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Tidak mengenal usia muda ataupun tua, penyakit ini dapat menyerang siapa saja.

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi pada buah bit dapat mencegah dan menurunkan resiko terjangkit kanker. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut akan hal tersebut.

Baca juga: Hibiscus Tea, Si Merah yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Menjaga kesehatan otak

Sumbe rgambar: Freepik

Sama seperti anggota tubuh lainnya, otak juga perlu untuk diperliharan kesehatannya. kandungan nitrat pada buah bit dapat meningkatkan fungsi mental dan kognitif dengan menciptakan pelebaran pembuluh darah dan dengan demikian meningkatkan aliran darah ke otak

Cocok untuk menu diet

Sumber gambar: Freepik

Karena kandungan gizinya yang melimpah, buah bit juga dapat kamu masukan ke dalam list untuk menu diet sehatmu sobat. Kamu bisa mengolah buat bit ini dengan berbagai cara, seperti dijus, dipanggang, dikukus dan cara lainnya.

Kamu Juga, dapat membeli buah bit ini dalam keadaan matang dan kalengan untuk lebih praktisnya.

Nah, itu dia sobat beberapa manfaat buah bit yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengonsumsi buah merah yang satu tadi. Jika kamu tidak punya waktu untuk mengolah buah bit, sekarang sudah banyak beredar produk dengan ekstrak buah bit yang dapat kamu konsumsi.

Selamat mencoba sobat!


Belanja Buah dan Sayur Segar Klik Indomaret

Sumber info: Healthline.com

2 COMMENTS

  1. I simply could not depart your web site before suggesting that I really enjoyed the usual info a person provide on your guests? Is going to be back regularly to check out new posts

  2. Hi there, I found your web site via Google whilst searching for a similar topic, your site came up, it appears great. I have bookmarked to my favourites|added to my bookmarks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here